Restrukturisasi Utang Rp30 T, Krakatau Steel Hemat Rp9,3 T

Okezone, Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 20:15 WIB
Restrukturisasi Utang Rp30 T, Krakatau Steel Hemat Rp9,3 T

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim di Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KS) menuntaskan proses restrukturisasi utang senilai 2,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp30 triliun (kurs Rp13.640 per dolar AS). Aksi korporasi tersebut diharapkan mengurangi beban utang yang ditanggung BUMN baja itu.

"Kita fokus hari ini dulu bahwa pada hari ini konkrit sudah terestrukturisasi utang sebesar 2 miliar dolar AS yang kurang lebih sekitar Rp30 triliun," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Erick mengatakan, restukturisasi yang dimulai sejak akhir tahun lalu itu disepakati oleh seluruh kreditur pada 12 Januari 2020. Setidaknya ada 10 bank BUMN, swasta, dan asing yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

Pemilik Mahaka Group tersebut menambahkan, pemerintah akan terus memantau sisa utang KS. Saat ini, Erick mengaku fokus mengonsolidasikan anak usaha perseroan yang mencapai 60 unit.

Direktur Utama KS Silmy Karim menghitung restrukturisasi utang tersebut membuat KS bisa menghemat beban bunga untuk sembilan tahun ke depan.

"Penghematan biaya juga didapat dari restrukturisasi utang Krakatau Steel selama sembilan tahun sebesar 685 juta dolar AS (Rp9,3 triliun)" kata Silmy.


Editor : Rahmat Fiansyah