Sarinah Siap Dukung UMKM Naik Kelas

Aditya Pratama ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 21:08 WIB
Sarinah Siap Dukung UMKM Naik Kelas

Diskusi IDX Economic Forum 'Road Map UMKM 2020-2024' di Jakarta, Rabu (12/2/2020). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - PT Sarinah (Persero) selama ini menjadi etalase produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Perusahaan pelat merah itu siap mendukung UMKM untuk naik kelas.

Direktur Ritel Sarinah Lies Permana Lestari mengatakan, Sarinah siap menyeleksi produk UMKM agar naik kelas. Produk tersebut harus punya kualitas yang baik serta suplai yang terjaga dan kontinyu.

"Artinya kalau kita mau menaikkan kelas UMKM harus dari hulu ke hilir," ujarnya dalam IDX Economic Forum 'Road Map UMKM 2020-2024' di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Namun, Lies menambahkan, upaya mendorong produk UMKM naik kelas tidak bisa dilakukan sendirian. Selama ini, fungsi Sarinah sebatas operator dan integrator UMKM.

Dia menyebut, kerja sama dibutuhkan terutama dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang memiliki basis data UMKM untuk dipamerkan di Sarinah. Nantinya, Sarinah membantu mereka.

"Artinya ada pembinaan seperti bagaimana cara memasarkan yang baik, packaging dan lainnya. Kami juga akan mengolaborasikan UMKM untuk bisa masuk pasar omnichanel," ucap Lies.


Editor : Rahmat Fiansyah