Siapkan Rp1,7 Triliun, MRT Jakarta Bakal Akuisisi 51 Persen Saham KCI

Giri Hartomo ยท Kamis, 10 Desember 2020 - 18:04:00 WIB
Siapkan Rp1,7 Triliun, MRT Jakarta Bakal Akuisisi 51 Persen Saham KCI
MRT Jakarta bakal membeli saham mayoritas dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebesar 51 persen. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta bakal membeli saham mayoritas dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebesar 51 persen. Dengan begitu, porsi saham dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sebesar 49 persen.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pembelian saham KCI ini merupakan bagian rencana pemerintah mengenai pengelolaan transportasi di Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar seluruh transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Sementara itu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan tugas kepada MRT Jakarta untuk bisa mengelola stasiun-stasiun yang ada di Jakarta agar lebih rapi. Kemudian keputusan tersebut ditindaklanjuti oleh akta perjanjian antarkeduanya yang disepakati pada awal Januari lalu. 

“MRT Jakarta mendapatkan penugasan dari pemprov untuk bertanggung jawab dan melakukan aksi korporasi dengan PT KAI dalam kaitan integrasi pengelolaan transportasi di DKI Jakarta bahkan Jabodetabek,” ujarnya dalam acara forum jurnalis MRT Jakarta secara virtual, Kamis (10/12/2020). 

William menambahkan, saat ini proses akuisisi sudah mencapai tahap due diligence untuk mengukur nilai aset dan valuasi KCI. Dengan demikian bisa didapatkan segera valuasi angkanya sebelum proses akuisisi dimulai.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2