Siapkan Rp1,7 Triliun, MRT Jakarta Bakal Akuisisi 51 Persen Saham KCI

Giri Hartomo ยท Kamis, 10 Desember 2020 - 18:04:00 WIB
Siapkan Rp1,7 Triliun, MRT Jakarta Bakal Akuisisi 51 Persen Saham KCI
MRT Jakarta bakal membeli saham mayoritas dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebesar 51 persen. (Foto: Ist)

“Kita belum tahu angkanya berapa, bisa Rp400 miliar, Rp800 miliar, atau bisa Rp1,2 triliun. Ini masih dalam proses,” ucapnya.

Proses due diligence dilakukan dipercayakan kepada PWC dan diawasi oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Dengan begitu, diharapkan proses akuisisi berjalan dengan baik

"Agar memastikan prosesnya baik. Sehingga nilainya mempresentasikan nilai saham yang real dan bisa dipertanggungjawabkan kedua belah pihak," kata William.

Untuk mencaplok saham mayoritas KCI, anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah sebesar Rp1,7 triliun. Anggaran itu akan digunakan untuk proses pengintegrasian transportasi yang ada di wilayah Jabodetabek.

“Alokasi APBD dana PMD Rp1,7 triliun. Dana itu untuk mendorong inisiatif integrasi Jabodetabek di mana MRT Jakarta mendapatkan penugasan dari Pemerintah Provinsi untuk bertanggung jawab dan melakukan aksi korporasi dengan PT KAI dalam kaitannya integrasi pengelolaan transportasi di DKI Jakarta bahkan Jabodetabek,” ucapnya. 

Editor : Ranto Rajagukguk