Soal Sawit, Wamendag Yakin Indonesia Kalahkan Uni Eropa di WTO

Ferdi Rantung ยท Selasa, 08 Desember 2020 - 14:35:00 WIB
Soal Sawit, Wamendag Yakin Indonesia Kalahkan Uni Eropa di WTO
Indonesia tengah bersengketa dengan Uni Eropa soal minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia tengah bersengketa dengan Uni Eropa soal minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Indonesia optimistis menang karena gugatan Uni Eropa dinilai tak berdasar.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga selaku Ketua Tim Perundingan mengatakan, diskusi intensif telah dilakukan dengan parlemen Uni Eropa dan negara-negara strategis di Benua Biru. 

Saat ini, perkara sudah mulai masuk tahap pembentukan panel. Wamendag optimistis Indonesia bisa menang.

“Landasan gugatan Uni eropa tak kuat. Itu sudah kita uji dalam sidang konsultasi Januari lalu. Jadi optimis kita akan menang di tingkat panel," katanya, Selasa (8/12/2020).

Menurut Wamendag, CPO merupakan komoditas ekspor strategi bagi Indonesia. Sepanjang tahun lalu, ekspor CPO dan produk turunannya mencapai 21,79 miliar dolar AS dan menyumbang 12,1 persen terhadap ekspor non migas.

"Sawit juga merupakan sektor padat karya sehingga membantu menciptakan banyak lapangan kerja. Saat ini, industri sawit menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 5,3 juta orang atau sejumlah 21,2 juta anggota keluarga yang hidup dari sawit," katanya.

Wamendag menyesalkan sawit kerap menjadi sasaran kampanye negatif di luar negeri. Dia memastikan pemerintah akan terus berkampanye positif soal CPO.

“Informasi mengenai sawit tidak berimbang, lebih banyak dibentuk oleh kampanye negatif. Ada beberapa hal yang tidak pas atau tidak mencerminkan realita dan peluang besar sawit itu sendiri. Karena itu, kami bertekad untuk terus lanjutkan kampanye positif agar informasi mengenai sawit lebih berimbang dan sawit tetap berperan sebagai industri strategis Indonesia," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda