Sri Mulyani: Punya NPWP Tidak Serta Merta Bayar Pajak

Rina Anggraeni ยท Selasa, 09 November 2021 - 19:17:00 WIB
Sri Mulyani: Punya NPWP Tidak Serta Merta Bayar Pajak
Kartu NPWP. (Foto: ilustrasi/Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan setiap warga negara yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tidak serta merta wajib membayar pajak. 

Menurut dia, ada persepsi yang salah di masyarakat mengenai perpajakan yang peru diluruskan, salah satunya mengenai NPWP. Contohnya, selama ini masyarakat berpikir bahwa seseorang yang memiliki NPWP wajib membayar pajak. 

Padahal, orang yang harus membayar pajak adalah mereka yang memiliki batas pendapatan tertentu yang diatur dalam Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

"Enggak juga, kalau kalian punya NPWP tapi belum dapat pekerjaan ya tidak perlu membayar pajak," kata Sri Mulyani, dalam video virtual, Selasa (9/11/2021).

Dia menjelaskan, reformasi di bidang perpajakan di mana salah satunya mengenai penyatuan NIK atau KTP dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memudahkan pemerintah mendata masyarakat yang menjadi wajib pajak.

"Ada hitungannya, kalau pendapatan Rp 100 juta ya bayarnya lebih gede. Kan adil ya, itu membangun apa yang disebut sama-sama," ungkap Sri Mulyani.

Dia mengungkapkan, suatu negara harus dijaga untuk bisa memenuhi segala kebutuhan warganya. Dengan penduduk Indonesia yang sangat banyak, dibutuhkan sumber pendanaan besar yang berasal dari pajak.

"Dari mulai kalian masak di rumah pakai gas LPG, kalau kalian keluar ada jalan raya, itu jalan rayanya dibangun melalui pendapatan pajak. Kalau nggak punya pendapatan, kalau Anda miskin ya nggak bayar (pajak), Anda dibantu negara, di situlah pentingnya pendapatan pajak," tutur Sri Mulyani.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda