Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana untuk 59 Desa Fiktif di Konawe, Ini Alasannya

Antara ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 19:30 WIB
Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana untuk 59 Desa Fiktif di Konawe, Ini Alasannya

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (tengah). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah telah menyetop penyaluran dana desa untuk 59 desa fiktif. Seluruh desa tak berpenghuni itu berlokasi di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Penyaluran dana desa pada tahap ketiga 2019 untuk ke 56 desa dihentikan seluruhnya,” kata Sri Mulyani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut mengatakan, dana desa itu akan terus disetop hingga Kementerian Keuangan memperoleh kepastian soal status desa itu, baik secara hukum maupun substansi fisik.

“Kami bekerja berdasarkan seluruh evidence dan bukti secara fisik yang memang ada bukti tersebut,” ujarnya.

Sri Mulyani menjelaskan 56 desa itu ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Konawe Nomor 7 Tahun 2011 yang merupakan perubahan atas Perda Konawe Nomor 2 Tahun 2011. Seluruh desa tersebut baru memperoleh nomor registrasi pada 2016 sehingga bisa memperoleh dana desa pada 2017.

"56 desa itu mengalami cacat hukum karena Perda itu tidak melalui tahapan di DPRD dan register Perda itu adalah tentang pertanggung jawaban APBD. Jadi memang tujuannya begitu (buat desa fiktif). Kalau yang untuk baik-baik saja kan memang harusnya ada Perda sendiri. Ini ditempelkan dengan Perda tentang pertanggung jawaban,” tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah