Survei IBBA 2021, Lima Sektor Ini Miliki Merek Terbaik di Mata Konsumen

Jeanny Aipassa ยท Minggu, 28 November 2021 - 20:40:00 WIB
Survei IBBA 2021, Lima Sektor Ini Miliki Merek Terbaik di Mata Konsumen
Indonesia Best Brand Award 2021. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hasil survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021 yang digelar Majalah SWA dan lembaga riset MARS Digital menunjukkan ada lima sektor yang memiliki merek terbaik di mata konsumen karena tetap inovatif dan kreatif selama pandemi Covid-19.  

CEO MARS Digital, Hardi Saputra, mengatakan kelima sektor tersebut, antara lain cosmetic & personal care, otomotif, transportasi, ritel, dan produk household. 

Survei IBBA 2021 dilakukan pada Agustus-September 2021, di tujuh kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin. 

Responden dalam survei ini berasal dari Status Sosial Ekonomi ABCDE, yaitu 2.655 responden rumah tangga (menikah/pernah menikah, 25-50 tahun) dan 2.624 personal (dewasa, 15-55 tahun).

Menurut Hardi, mayoritas pemenang IBBA 2021 adalah mereka yang tetap konsisten menjaga brand value-nya tetap tertinggi dan mendekati konsumen melalui hybrid marketing dan strategi omnichannel. 

Hal ini menunjukkan merek-merek jawara tersebut terus melakukan adaptasi dengan pasar melalui berbagai langkah strategis, termasuk aktif menggarap strategi digital (digital marekting) yang menjadi tools wajib di era bisnis baru ini. 

“Hasil survei IBBA 2021 secara umum, mulai banyak sektor industri yang rebound setelah  tahun 2020 mengalami penurunan lebih rendah dibandingkan 2019. Sektor tersebut antara lain cosmetic & personal care, otomotif, transportasi, ritel, dan produk household,” ujar Hardi Saputra, dalam keterangannya Minggu (28/11/2021).

IBBA adalah survei tahunan untuk mengukur nilai suatu merek dengan memaparkan elemen-elemen yang menentukan nilai tersebut. Dari hasil survei ini, dapat diketahui posisi, perubahan, dan persaingan setiap merek dengan merek lainnya pada setiap elemen yang diukur. 

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penentuan Indeks IBBA 2021 menggunakan lima variabel (atribut) penilaian. Pertama, TOM Ad atau Top of Mind Advertising, yaitu iklan yang paling diingat konsumen. Kedua, TOM Brand, yaitu merek yang paling diingat konsumen. 

Ketiga, Brand Share, yaitu komposisi/perbandingan merek (dalam persentase) yang digunakan responden dalam tiga bulan terakhir. Keempat, Satisfaction, yaitu kepuasan konsumen terhadap merek. Kelima, Gain Index, yaitu kemampuan merek mengakuisisi konsumen baru di masa yang akan datang.

Pengamat Pemasaran dari Universitas Prasetiya Mulya, Istijanto, mengatakan hasil survei IBBA 2021 juga menunjukkan ada beberapa merek yang tumbang, karena pandemi Covid-19, seperti di industri fashion atau ritel

"Ini menjadi kesempatan bagi merek-merek baru untuk berinovasi. Jadi, ini adalah kesempatan baru bagi suatu merek untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan merek yang tumbang tersebut,” kata Istijanto. 

Para pemenang dalam survei IBBA ke-20 yang diselenggarakan tahun 2021 ini diberi penghargaan IBBA, yaitu penghargaan merek-merek terbaik peraih brand value tertinggi.

Pemberian penghargaan ini juga dibarengi dengan acara webinar ‘Indonesia Best Brand Conference & Awarding 2021’ pada Kamis (25/11/2021). Perhelatan hasil kolaborasi SWA dan MARS Digital ini menghadirkan keynote speaker Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno dan star speaker Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: