Survei Terbaru Indikator : Persepsi Negatif Terhadap Kondisi Ekonomi Turun

Heri Purnomo ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:36:00 WIB
Survei Terbaru Indikator : Persepsi Negatif Terhadap Kondisi Ekonomi Turun
sistem ekonomi campuran (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Indikator Politik Indonesia merilis survei terbarunya terkait persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi. Dari hasil survei Indikator, persepsi negatif terhadap kondisi ekonomi saat ini mengalami penurunan sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada awal Sepetember 2022.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan  responden yang mengatakan kondisi ekonomi buruk turun dari 51,7 persen menjadi 36,2 persen. Padahal, saat survei 5-10 September 2022 responden yang mengatakan kondisi ekonomi buruk meroket dari 26,6 persen (hasil survei Agustus 2022) menjadi 51,7 persen. 

"Kalau dibandingkan dengan survei setelah kenaikan harga BBm pada awal September 2022, responden yang mengatakan buruk cenderung turun meskipun masih mayoritas," kata Burhanuddin di Jakarta, Minggu (2/10/2022). 

Dari survei yang dilakukan Indikator mendaptakan data  sekitar 36 persen populasi responden mengatakan kondisi ekonomi nasional saat ini dalam kondisi buruk dan sangat buruk

"Kalau tidak menganalisis mereka yang mengatakan 'sedang', maka bersihnya persepsi kondisi ekonomi secara nasional itu negatif," ungkap Burhanuddin.

Sementara ada sekitar 41,7 persen responden mengatakan ekonomi nasional dalam kondisi sedang.

Survei dilakukan secara tatap muka  secara nasional dengan jumlah  1.220 orang yang berusia di atas 17 tahun.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda