Susi Air Terdampak Covid-19, Susi Pudjiastuti Ingin Buka Usaha Baru

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 15:55:00 WIB
Susi Air Terdampak Covid-19, Susi Pudjiastuti Ingin Buka Usaha Baru
Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019, Susi Pudjiastuti. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 memberikan tekanan terhadap Susi Air. Maskapai milik Susi Pudjiastuti itu tak memperoleh pendapatan sama sekali dalam dua bulan terakhir.

Susi mengaku tengah mencari bisnis baru. Menurut dia, diversifikasi bisnis penting agar usahanya tak hanya bergantung pada industri penerbangan.

"Kita sekarang mulai cari skenario baru, harus mungkin (buka) usaha lain atau apa gitu," ujar Susi dalam talk show virtual yang digelar BNPB, Jumat (12/6/2020).

Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 itu mengatakan, maskapai swasta seperti Susi Air tak mendapat perhatian pemerintah. Dia merasa industri penerbangan tak mendapatkan insentif apa pun.

Padahal, kata dia, pemerintah melarang maskapai terbang. Sementara perseroan harus tetap memenuhi kewajiban seperti gaji karyawan dan biaya operasional lainnya.

"Sekarang ini kewajiban tidak ada yang free untuk pengusaha, perpanjangan izin dari izin kerja, izin terbang, padahal tidak terbang kita," ujarnya.

Susi tidak minta kompensasi atau bantuan dari pemerintah. Tetapi setidaknya, maskapai harus diberikan relaksasi pembebasan izin, termasuk denda.

"Kalau pada saat normal, saya tidak terbang, saya didenda. Nah sekarang, kita tidak boleh terbang kan oleh pemerintah, saya tidak minta kompensasi, tapi at least kewajiban-kewajiban kita yang rutin dibebaskan" katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda