Tambah Perjalanan, KAI Kembali Operasikan 7 Kereta Jarak Jauh dan Lokal

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 05:25 WIB
Tambah Perjalanan, KAI Kembali Operasikan 7 Kereta Jarak Jauh dan Lokal

PT KAI kembali menambah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan lokal secara bertahap dengan mengoperasikan kembali tujuh kereta. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menambah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan lokal secara bertahap dengan mengoperasikan kembali tujuh KA. Langkah ini seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang sebanyak 60 persen pada Juli 2020.

“Kereta Api tersebut kami jalankan kembali setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi kereta api,” ujar Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus dalam keterangannya dilansir Selasa (4/8/2020).

Tujuh Kereta Api Jarak Jauh tersebut adalah KA Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi PP), Senja Utama Solo (Solo Balapan-Pasar Senen), Mataram (Pasar Senen-Solo Balapan), Matarmaja (Pasar Senen-Malang PP), Pasundan (Bandung Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp), Wijayakusuma (Cilacap-Ketapang PP), dan Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo PP).

Hingga 2 Agustus 2020, terdapat kenaikan 14 persen dengan rata-rata jumlah perjalanan KA per hari pada Agustus 2020 sebanyak 178 KA per hari dibanding 155 KA per hari pada Juli 2020.

Pada Juli KAI melayani 1,1 juta pelanggan atau naik 60 persen dibanding dengan volume pelanggan pada Juni sebanyak 699.309 pelanggan.

Rinciannya, volume pengguna KA Jarak Jauh pada Juli sebanyak 215.796 pelanggan, naik 224 persen dibanding Juni sebanyak 66.687 pelanggan dan volume pelanggan KA Lokal pada Juli sebanyak 906.561 pelanggan, naik 43 persen dibanding Juni sebanyak 632.622 pelanggan.

“Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan ketat. Masyarakat dapat menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai stasiun tujuan,” kata Joni.

Pelanggan yang naik kereta api diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Editor : Dani Dahwilani