Terdampak Corona, Gaji Bos HP Dipotong 25 Persen

Djairan ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 07:39 WIB
Terdampak Corona, Gaji Bos HP Dipotong 25 Persen

HP Inc, produsen perangkat komputer asal Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan memangkas anggaran senilai Rp14,7 triliun. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - HP Inc, produsen perangkat komputer asal Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan memangkas anggaran senilai Rp14,7 triliun. Dampak hal tersebut membuat gaji CEO dan jajaran petinggi lain di HP dipotong hinggga 25 persen.

Dikutip dari Reuters, rencana penghematan tersebut dilakukan hingga tahun anggaran 2022, seiring dengan pukulan krisis akibat pandemi Covid-19. Tercatat pendapatan di kuartal I senilai Rp88,3 triliun meleset dari perkiraan sebesar Rp92,4 tiriliun.

Dalam proyeksi pendapatan dan laba perusahaan di kuartal II, saham diperkirakan turun hingga 5,4 persen, sehingga pada tahun berjalan saham perusahaan keseluruhan akan merosot sekitar 35 persen.

"Lumpuhnya ekonomi global sejak Februari lalu secara signifikan mempengaruhi kinerja keuangan kami di kuartal II," kata CEO HP Antonio Neri dalam pernyataan resminya, dikutip, Kamis (22/5/2020).

Mulai 1 Juli mendatang sampai tahun anggaran 2020, selain gaji CEO serta jajaran petinggi lain yang dipangkas hingga 25 persen, dewan pengawas juga akan memotong 25 persen dari dana pensiun tahunan jajaran direksi sebesar Rp1,4 miliar.

HP yang pada April lalu telah merevisi proyeksi pendapatan dan laba perusahaan tahun anggaran 2020, menurut data IBES dari Refinitiv akan membukukan laba di kuartal II yang disesuaikan 22 sen per saham. Dengan begitu perusahaan kehilangan estimasi rata-rata 29 sen per saham.

Editor : Ranto Rajagukguk