Terima Rangkaian Kereta Terakhir dari PT INKA, KAI Kebut Proyek LRT Jabodebek

azhfar muhammad ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 06:05:00 WIB
Terima Rangkaian Kereta Terakhir dari PT INKA, KAI Kebut Proyek LRT Jabodebek
Rangkaian set kereta terakhir untuk LRT Jabodetabek yang diproduksi PT Industri Kereta Api INKA. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews,id - PT Kereta Api Indonesia (KAI), Minggu (17/10/2021), telah menerima train set atau rangkaian kereta terakhir untuk Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Terkait dengan itu, KAI mempercepat atau mengebut proyek LRT Jabodetabek yang ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022. 

Dalam unggahan di akun Instagram resmi, LRT Jabodetabek mengumumkan telah menerima train set ke-31 dari PT INKA, yang sekaligus merupakan trainset terakhir untuk proyek LRT, pada Minggu (17/10/2021) malam. 

“Trainset tersebut merupakan trainset terakhir yang menandakan selesainya seluruh produksi Light Rail Transit Jabodebek di workshop PT INKA, Kota Madiun,” bunyi pernyataan di akun instragram resmi LRT Jabodebek, dikutip Minggu (17/10/2021).

Pengiriman train set ke-31 LRT tersebut dilakukan pada 14 Oktober 2021 di Kantor Pusat PT INKA di Madiun, yang ditandai dengan pelepasan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri. 

Pengangkutan train set tersebut dilakukan dengan menggunakan jasa PT KAI Logistik yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia atau KAI. 

"Train set tersebut dikirim ke Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat dan melengkapi train set LRT yang telah ada," tulis LRT Kabodetabek di akun Instagram. 

Adapun susunan satu trainset-nya terdiri dari 6 kereta  dengan 4 kereta berpenggerak (motor car-M dan Motor Car dilengkapi Cabin-MC) dan 2 kereta tidak berpenggerak (trailer car-TC). 

Ditambahkan, KAI terus melakukan percepatan proyek pembangunan dari LRT Jabodetabek. Sebagai catatan, Transportasi massal yang menghubungkan beberapa kota di Jabodebek ini, ditargetkan beroperasi pada pertengahan Agustus 2022. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: