Ternyata Ini Salah Satu KPI Wajib Setiap Dirut BUMN

Suparjo Ramalan · Sabtu, 18 September 2021 - 07:33:00 WIB
Ternyata Ini Salah Satu KPI Wajib Setiap Dirut BUMN
Ilustrasi transformasi digital. (Ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Transformasi digital ternyata menjadi salah satu kunci indikator kinerja (Key Performance Indicator/KPI) wajib bagi setiap direktur utama (Dirut) perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal itu, dibeberkan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menyampaikan sambutan pada peresmian e-materai atau materai elektronik dan surat elektronik terintegrasi yang diluncurkan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), Jumat (17/9/2021).

Dalam proses pembuatan materai elektronik dan surat elektronik terintegrasi tersebut, Peruri menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk,. Produk tersebut bertujuan mendukung transaksi keuangan digital di Indonesia.

"Saya memastikan sejak awal dan sebelum Covid-19, transformasi digital di seluruh perusahaan BUMN itu harus terjadi dan itu masuk KPI para Dirut-nya. Karena itu, kita melihat bagaimana sekarang banyak transformasi digital yang dilakukan perusahaan BUMN," ujar Erick Thohir. 

Dalam sambutan itu, Menteri BUMN menyampaikan apresiasi kepada Peruri dan Telkom atas inovasi dan sinergi yang dilakukan kedua perusahaan pelat merah tersebut untuk meluncurkan materai elektronik dan surat elektronik terintegrasi. 

Menurut dia, kehadiran dua produk tersebut menjadi bagian dari adaptasi perseroan dalam era digitalisasi saat ini. Terkait dengan itu, Erick kembali mengingatkan transformasi digital yang dilakukan sejumlah BUMN, harus diikuti oleh BUMN lainnya. 

Hal itu, lanjutnya, disebabkan gelombang kedua (second wave) industri digital tak bisa dielakan. Erick terus mendorong agar perusahaan pelat merah melakukan adaptasi dengan berbagai tuntutan digital dalam satu ekosistem yang menyeluruh. 

"Karena itu, kalau kita bicara second wave digital industri ini, ini lebih lagi, kita sudah bicara yang namanya edutech, haltech dan turunan lainnya. Tentu, ini penting kita sebagai negara, sebagai BUMN yang kebetulan bisa menjadi tadi, ada ekosistem tersebut dan terus memastikan kita beradaptasi," ujar Erick Thohir.  

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: