TikTok Bagi-Bagi Uang Rp1 Triliun untuk Bayar Kreator Konten di Eropa

Djairan ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 14:07 WIB
TikTok Bagi-Bagi Uang Rp1 Triliun untuk Bayar Kreator Konten di Eropa

TikTok yang tengah digandrungi banyak peminat di dunia terus melakukan terobosan di tengah banyaknya tekanan. (Foto: Ist)

LONDON, iNews.id - TikTok yang tengah digandrungi banyak peminat di dunia terus melakukan terobosan di tengah banyaknya tekanan. Kali ini aplikasi berbagi video pendek itu meluncurkan dana 54 juta poundsterling (Rp1 triliun) untuk membayar para kreator kontennya di Eropa.

Hal itu adalah pertama kalinya bagi pengguna TikTok di Eropa bisa menghasilkan uang. Aplikasi asal China itu mengatakan, ingin membantu dan mendukung para pembuat konten untuk mendapatkan mata pencaharian. Selama ini, pengguna hanya bisa menghasilkan uang melalui kemitraan dengan beberapa merek dan produk melalui endorse atau paid promote.

"Eropa terutama Inggris memiliki sejarah kreativitas yang panjang, dan itulah sebabnya TikTok sangat berkembang di sini. Kami berharap dana ini akan dapat mendukung kreator konten dalam berbagai cara, terutama menambah penghasilan mereka," ujar direktur pengelola TikTok di Inggris Rich Waterworth, dikutip dari BBC Jumat (31/7/2020).

Agar memenuhi syarat, para kreator TikTok di Eropa hanya bisa mengajukan permohonan dana tersebut bagi yang berusia lebih dari 18 tahun, memenuhi ambang batas jumlah pengikut tertentu dan memposting konten asli yang mengikuti aturan TikTok.

Sebelumnya, pada pekan lalu TikTok juga telah mengumumkan akan menggelontorkan 200 juta Dolar Amerika Serikat (AS) (Rp2,9 triliun) untuk para kreator kontennya di Amerika. Meski diakui, saat ini pemerintahan Donald Trump mengancam akan memblokir aplikasi yang dimiliki oleh ByteDance Ltd tersebut.

Editor : Ranto Rajagukguk