Total Right Issue dan Private Placement di Kuartal I-2021 Capai Rp24,57 Triliun

Aditya Pratama ยท Senin, 19 April 2021 - 08:38:00 WIB
Total Right Issue dan Private Placement di Kuartal I-2021 Capai Rp24,57 Triliun
ilustrasi Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total penggalangan dana (fund raised) melalui Penambahan Modal dengan HMETD (right issue) dan Penambahan Modal Tanpa HMETD (private placement) sepanjang kuartal I-2021 mencapai Rp24,57 triliun. 

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan terdapat enam perusahaan tercatat (emiten) yang melaksanakan right issue dengan total fund raised sebesar Rp12,10 triliun dan enam emiten melakukan private placement senilai Rp12,48 triliun sepanjang kuartal I-2021.

"Sehingga total fund raised melalui penerbitan right issue dan private placement pada Kuartal I-2021 adalah sebesar Rp24,57 triliun atau meningkat sebesar 8,3 kali dibandingkan Kuartal I-2020 yaitu Rp2,96 triliun," ujar I Gede Nyoman Yetna, Senin (19/4/2021).

Nyoman mengungkapkan, hingga saat ini terdapat 18 emiten yang telah memperoleh Persetujuan RUPS untuk melaksanakan right issue, dimana 11 dari 18 perusahaan tercatat tersebut telah menginformasikan harga pelaksanaan right issue dengan potensi total nilai fund raise sekitar Rp11,37 triliun. 

"Di samping itu, terdapat tujuh emiten yang telah memperoleh Persetujuan RUPS untuk melaksanakan Private Placement, dimana empat dari tujuh emiten tersebut telah menginformasikan harga pelaksanaan Private Placement dengan potensi total nilai fund raise sebesar Rp761 miliar dari empat emiten," ujar Nyoman.

Dia menyebut, pada kuartal I-2021 terlihat tingginya antusiasme emiten dalam melakukan penggalangan dana di pasar modal. Tingginya antusiasme tersebut dapat disebabkan adanya kebutuhan penambahan modal kerja, ekspansi usaha, dan kebutuhan refinancing utang emiten. 

Selain itu, dengan harapan kondisi ekonomi yang mulai pulih setelah dimulainya vaksinasi, hal ini berdampak pada kegiatan perusahaan yang membutuhkan modal untuk bertumbuh. 

"Berdasarkan kondisi tersebut, Bursa mengharapkan penggalangan dana melalui penerbitan ekuitas akan mengalami peningkatan pada tahun 2021," ucapnya.

Menurutnya, emiten sektor perbankan menjadi yang paling banyak masuk ke dalam pipeline Right Issue, dimana dengan rencana penggunaan dana antara lain untuk memperkuat modal inti dan melakukan ekspansi usaha sesuai strategi bisnis.

Editor : Jeanny Aipassa