Transaksi di Tokopedia Tembus Rp18,5 Triliun Selama Ramadan

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 19 Juni 2019 - 20:45 WIB
Transaksi di Tokopedia Tembus Rp18,5 Triliun Selama Ramadan

Tokopedia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan e-commerce, Tokopedia mencatat transaksi 1,3 miliar dolar AS atau setara Rp18,5 triliun sepanjang Mei 2019. Peningkatan transaksi ini ditopang momen Ramadan.

Co-founder & CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, program Ramadan Ekstra sukses mendongrak transaksi di platform Tokopedia. Bahkan, pada puncak tradisi belanja yang jatuh pada 17 Mei, Tokopedia mencatat transaksi harian yang lebih tinggi daripada akumulasi transaksi dalam enam tahun perusahaan berdiri.

"Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Ramadan Ekstra menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital," kata William, Rabu (19/6/2019).

Dia menyebut, transaksi jual beli di Tokopedia terjadi di 97 persen kecamatan yang ada Indonesia. Hal ini menunjukkan pemerataan ekonomi secara digital. Selain itu, penjual yang terlibat mayoritas pelaku usaha baru.

"Melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia, di mana mayoritas penjual adalah pebisnis baru," kata William.

Selama Ramadan Ekstra, kata William, Tokopedia dikunjungi 2.500 kali per detik dengan penjualan lebih dari 6.000 barang per menit pada puncaknya. Penjualan kurma di Tokopedia selama Mei juga setara 161 unit truk di samping pengumpulan donasi dan zakat yang mencapai Rp7 miliar.


Editor : Rahmat Fiansyah