Triawan Munaf Jadi Komut Garuda Indonesia, Erick Thohir: Beliau Inovatif

Aditya Pratama ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 13:59 WIB
Triawan Munaf Jadi Komut Garuda Indonesia, Erick Thohir: Beliau Inovatif

Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Triawan Munaf. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dia menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Sahala Lumban Gaol.

Erick mengaku mempunyai alasan tersendiri menunjuk Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) periode 2014-2019 itu memimpin dewan komisaris Garuda. Dia yakin figur inovatif seperti Triawan dibutuhkan untuk perusahaan seperti Garuda.

"Beliau itu sebuah figur yang berinovasi, ya kan industri kreatif dan bisa di era Garuda ini kan persaingannya sudah bukan pesawat saja," kata Erick di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurut dia, banyak hal kreatif yang perlu dilakukan maskapai pelat merah supaya tidak terlalu mengandalkan pendapatan dari tiket pesawat. Misalnya, inovasi di bidang teknologi.

"Di Garuda itu juga banyak implement teknologi yang harus disiapkan. Itu juga ada hubungan dengan tadi bagaimana kita berpartner dengan pihak swasta juga," ucapnya.

Erick sebelumnya menilai, pengalaman Triawan di Bekraf bisa meningkatkan strategi pemasaran Garuda Indonesia. Apalagi, reputasi perseroan memburuk setelah diterpa berbagai isu negati dalam beberapa bulan terakhir.

Editor : Rahmat Fiansyah