Virus Korona, Erick Thohir: Tak Perlu Panik, Pemerintah Serius Melindungi

Aditya Pratama ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 15:18:00 WIB
Virus Korona, Erick Thohir: Tak Perlu Panik, Pemerintah Serius Melindungi
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) mengecek gudang beras Bulog di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (4/3/2020). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir mengimbau masyarakat tak panik di tengah wabah virus korona. Masyarakat tak perlu menimbun barang karena stok selalu tersedia.

"Tidak perlu cemas dan panik. Kecemasan dan panik berlebihan tidak menjawab persoalan. Pemerintah serius melindungi masyarakat," kata dia di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Hari ini, Erick mengunjungi gudang Bulog di Kelapa Gading untuk memastikan stok beras aman hingga beberapa bulan ke depan. Selain itu, dia juga memastikan masker, cairan antiseptik, dan alat kesehatan lainnya tersedia di apotik Kimia Farma.

Mantan presiden klub Inter Milan dan DC United tersebut mengaku pemerintah tak bisa melarang masyarakat untuk panik. Dia menilai hal tersebut wajar asal jangan berlebihan.

"Yang namanya panik ya panik itu natural lah, kalau kita punya anak sakit panas pasti langsung mau cepat-cepat dibawa (ke rumah sakit)," katanya.

Peran pemerintah, kata Erick, hanya memastikan stok barang kebutuhan masyarakat tersedia. Pemerintah akan transparan dengan memaparkan fakta dan data soal kondisi saat ini.

"Tapi kita memberikan edukasi kepada masyarakat. Kita siap, stoknya ada. Itu saja yang bisa kita lakukan, kalau dilarang orang panik, enggak mungkin," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah