Warren Buffett Jual Saham Apple Senilai Lebih dari Rp11 Triliun

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 11:04 WIB
Warren Buffett Jual Saham Apple Senilai Lebih dari Rp11 Triliun

Warren Buffett. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, mengurangi porsi kepemilikan saham di Apple. Lewat Berkshire Hathaway, dia melego saham Apple sedikitnya 806 juta dolar AS atau lebih dari Rp11 triliun.

Dilansir Business Insider, Selasa (18/2/2020), Berskhire menjual 3,7 juta lembar saham Apple sepanjang kuartal IV-2019. Dengan range harga saham Apple 219-294 dolar AS per lembar, Berskhire meraup 806 juta dolar AS hingga 1,1 miliar dolar AS dari penjualan itu.

Kendati demikian, Berskhire masih menjadi pemegang saham terbesar produsen iPhone itu dengan porsi 5,4 persen. Nilai tersebut setara 70 miliar dolar AS atau Rp960 triliun.

Apple merupakan portofolio investasi terbesar Berskhire dengan porsi hampir 30 persen. Tak dijelaskan alasan Buffett menjual saham Apple. Yang pasti, pria kelahiran Omaha itu meraup cuan jumbo karena harga saham Apple menanjak 85 persen dalam satu tahun terakhir.

Buffett juga mengumumkan pembelian saham Kroger (ritel) dan Biogen (bioteknologi). Penjualan sebagian kecil saham Apple diduga untuk membeli saham di kedua perusahaan tersebut.

Investor sukses berusia 89 tahun itu tampaknya tidak tertarik untuk menjual saham Apple besar-besaran. Dia mengaku terus menambah posisi di Apple sepanjang valuasinya murah.

"Kalau murah, kami akan terus membelinya. Tapi kami tidak membeli pada harga saat ini," kata Buffet dalam wawancara dengan CNBC pada Februari 2019.

Tepat setahun lalu, saham Apple diperdagangkan di level 175 dolar AS per lembar.


Editor : Rahmat Fiansyah