Waskita Ingin Jual 4 Jalan Tol Tahun Ini, Mulai dari Becakayu hingga Pejagan

Aditya Pratama · Rabu, 01 Juli 2020 - 19:15 WIB
Waskita Ingin Jual 4 Jalan Tol Tahun Ini, Mulai dari Becakayu hingga Pejagan

Waskita Karya. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id - PT Waskita Karya Tbk (Persero) akan menjual sahamnya di empat ruas jalan tol pada tahun ini. Penjualan tersebut untuk memperkuat posisi kas BUMN konstruksi itu.

Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono mengatakan, tol yang bakal dilego yaitu Tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampung Melayu), Tol Kanci-Pejagan, dan Tol Pejagan-Pemalang. Waskita berencana menjual seluruh kepemilikan saham pada ketiga tol tersebut.

Satu lagi, Tol Cibitung-Tanjung Priok juga akan dilepas oleh Waskita. Namun, perseroan ingin mendivestasi saham dari mayoritas menjadi minoritas pemegang saham.

Destiawan mengakui, Waskita harus memperkuat posisi kas karena 70 persen biaya investasi pembangunan jalan tol-tol tersebut dibiayai utang. Selain menjual tol, Waskita juga akan gencar menagih piutang pada pemilik proyek.

"Kas waskita yang defisit memang saat ini kondisinya seperti itu, tapi upaya yang kami lakukan adalah meningkatkan proses penagihan piutang," ujarnya saat rapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (1/7/2020).

Mantan direktur PT Wijaya Karya (Persero) itu menyebut, PT Waskita Toll Road (WTR) yang memegang saham pada empat jalan tol itu masih rugi, sehingga posisi kasnya harus diperkuat. Saat ini, Waskita masih menyuntikkan dana ke anak usahanya itu.

Editor : Rahmat Fiansyah