Waskita Jual Ruas Tol, Kementerian BUMN Berharap Bisa Perbaiki Kinerja

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 23 April 2021 - 19:39:00 WIB
Waskita Jual Ruas Tol, Kementerian BUMN Berharap Bisa Perbaiki Kinerja
Ruas jalan Tol Medan-Tebingtinggi yang kini 30 persen sahamnya dikuasai investor Hong Kong. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menanggapi langkah divestasi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang dilakukan PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau WSKT melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR) dan Kings Ring Ltd. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut, aksi korporasi tersebut merupakan upaya menambah struktur pendanaan emiten. Harapannya, langkah itu memperbaiki kinerja perusahaan di tengah pandemi Covid-19. 

"Ini adalah langkah besar yang dilakukan Waskita untuk mendapatkan dana cair yang diperuntukkan bagi perusahaan, Waskita sendiri," ujar Arya kepada Wartawan, Jumat (23/4/2021). 

Manajemen Waskita Karya memang memperoleh anggaran senilai Rp824 miliar dari divestasi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Sementara, Kementerian BUMN mencatat, dari sisi keuntungannya, emiten bisa memperoleh Rp320 miliar. 

Catatan lain kementerian adalah sekitar Rp1,4 triliun ekuitas yang ditawarkan WSKT. Dari jumlah itu, 30 persennya atau sebesar Rp420 miliar dimiliki perusahaan. Angka tersebut jika ditambahkan dengan biaya akuisisi, maka manajemen bisa memperoleh dana senilai Rp450 miliar. 

"Kita tahu bahwa beberapa hari lalu sudah terdapat akta jual beli saham antara Waskita dengan Kings Ring Ltd, ini adalah perusahaan yang juga pernah membeli ruas jalan tol di Jawa yang dimiliki oleh Waskita," katanya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2