5 Tips Ampuh  bagi UMKM dalam Menghemat Uang

Muhammad Aulia · Rabu, 01 Januari 2020 - 23:29 WIB
5 Tips Ampuh  bagi UMKM dalam Menghemat Uang

Ilustrasi hemat uang. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam beberapa fase waktu, harus berjuang untuk dapat memperkuat fondasi bisnisnya. Sektor ini butuh dana segar agar usaha dapat menghasilkan uang lebih banyak. Dalam beberapa kesempatan, hal ini dapat membuat pelaku UMKM mengalami kesulitan hingga tertekan.

Ada  5 tips  yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk menghemat uang, agar dapat memberikan dampak instan tanpa perlu mengorbankan kegiatan usaha Anda sehari-hari.

Jangan menyewa sebuah kantor, jika mampu menjalankan usaha dari rumah

Pemikiran untuk memiliki sebuah kantor adalah hal yang menyenangkan. Namun hal ini dapat menimbulkan ongkos yang cukup tinggi. Imbasnya, dapat dihadapkan pada pengeluaran-pengeluaran yang cukup membebani keuangan.

Daripada menyewa kantor, manfaatkanlah tiap-tiap sudut rumah untuk bekerja dan berikanlah kebebasan bagi karyawan untuk bekerja di tempat yang mereka mau.

Anda juga dapat menyewa sebuah co-working space, tetapi jangan menyewa yang terlalu mewah untuk waktu satu hari penuh, kecuali jika memang memiliki jumlah tim kerja yang banyak.

Belilah peralatan bekas

Perusahaan besar cenderung selalu memperbarui peralatan kantor mereka dari waktu ke waktu, meskipun peralatan tersebut masih beroperasi normal. Hal ini dapat menjadi salah satu peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha kecil dan menengah untuk menghemat uang lebih.

Peralatan bekas dapat memiliki harga setengah dari harga peralatan terbaru, sekalipun peralatan bekas tersebut masih dalam kondisi normal. Jadi, Anda harus terus memantau info-info mengenai pelaksanaan lelang dan sebagainya di koran-koran lokal lalu memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengembangkan usaha Anda.

Bekerja sama dengan rekan bisnis lain dalam promosi

Sebagai pemilik UMKM, Anda harus proaktif untuk mempromosikan usaha dalam waktu kapan pun. Dengan melakukan kerja sama promosi bersama rekan bisnis yang lain, Anda dapat menghemat uang lebih.

Bekerja samalah dengan rekan bisnis lain yang melengkapi pelayanan usaha Anda dan aturlah agar ongkos promosi dan pemasaran nantinya dapat menjadi tanggung jawab bersama.

Lakukan outsource

Dalam menjalankan usaha kecil dan menengah, Anda harus menyelesaikan urusan-urusan usaha dengan pegawai seminimal mungkin. Tiap pegawai yang Anda miliki harus memiliki kemampuan multitasking yang baik. Tapi tak dapat dimungkiri, dalam satu waktu usaha Anda akan berpotensi mengalami kesulitan untuk mencari pekerja yang ahli.

Anda juga dapat mempekerjakan tenaga kerja freelance untuk menyelesaikan satu atau beberapa proyek. Dengan begitu, Anda hanya akan membayar tenaga kerja tersebut selama proyek tersebut berlangsung hingga usai.

Pekerjakan akuntan untuk bukukan keuangan usaha

Mempekerjakan Akuntan adalah hal yang sangat penting bagi pertumbuhan usaha Anda. Selain membuat laporan keuangan dan mengurus perpajakkan, seorang Akuntan dapat membantu menghemat uang lebih banyak melalui keahliannya di bidang tersebut.

Keahlian tersebut antara lain seperti menyediakan panduan bisnis hingga membantu Anda dalam mengoptimalisasikan anggaran keuangan yang usaha dimiliki. Oleh karenanya, memiliki akuntan adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Editor : Ranto Rajagukguk