Ambil Jeda, Wall Street Dibuka Merosot

Ranto Rajagukguk ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 21:58 WIB
Ambil Jeda, Wall Street Dibuka Merosot

Wall Street dibuka merosot. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street dibuka tergelincir, mengambil jeda dari reli kuat pada sesi perdagangan awal Juni.

Mengutip CNBC, Rabu (12/6/2019), indeks Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 diperdagangkan tepat di bawah garis datar pada pembukaan perdagangan, sementara indeks Nasdaq Composite tergelincir 0,2 persen.

Produsen chip berkontribusi terhadap penurunan pasar saham AS. Saham The VanEck Vectors Semiconductor ETF (SMH) turun lebih dari 1 persen, sementara Lam Research anjlok 3,9 persen.

Penurunan pada hari Rabu terjadi setelah Wall Street mencatatkan kinerja buruk pada sesi sebelumnya. Dow ditutup turun pada Selasa, menghentikan kenaikan beruntun enam hari.

Namun, seluruh indeks semuanya naik hampir 5 persen untuk bulan ini. Wall Street rebound dari aksi jual tajam pada Mei karena kekhawatiran perdagangan AS-Meksiko berkurang sementara ekspektasi untuk kebijakan moneter yang lebih longgar meningkat.

Fokus pasar sebagian besar tetap selaras dengan perkembangan perdagangan global pada Rabu, setelah Presiden AS Donald Trump bersikukuh atas sikapnya, kecuali jika China menyepakati lima poin utama yang ditawarkan Washington.

Washington dan Beijing telah memberlakukan tarif pada masing-masing barang satu sama lain yang bernilai miliaran dolar AS sejak awal 2018. Kondisi tersebut menghancurkan pasar keuangan dan memperburuk sentimen bisnis dan konsumen.

Pelaku pasar juga mencermati adanya harapan penurunan suku bunga dari Federal Reserve. Ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga pada bulan Juli berada di 85,3 persen, menurut alat FedWatch CME Group. Inflasi yang rendah, ditambah dengan data ekonomi yang lemah, menyebabkan suku bunga Fed lebih rendah.

Indeks harga konsumen AS naik hanya 0,1 persen bulan lalu, sesuai dengan perkiraan. Inflasi inti tercatat juga naik 0,1 persen.


Editor : Ranto Rajagukguk