BEI Akan Luncurkan Indeks Baru IDX Quality30

Aditya Pratama ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 19:38 WIB
BEI Akan Luncurkan Indeks Baru IDX Quality30

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan factor index baru, yaitu IDX Quality30, pada 10 Agustus 2020. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat akan meluncurkan factor index baru, yaitu IDX Quality30. Peluncuran IDX Quality30 akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2020.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, pihaknya saat ini akan menyelesaikan major review pertama kali untuk indeks baru tersebut.

"IDX Quality30 rencananya akan diluncurkan pada tanggal 10 Agustus yang akan datang. Sengaja kita pilih 10 agustus menandai juga puncak acara peringatan 43 tahun diaktifkan kembali pasar modal kita," ujar Hasan dalam video conference, Rabu (29/7/2020).

Hasan menerangkan, IDX Quality30 merupakan keluarga factor index dari dua indeks yang dikeluarkan BEI pada tahun lalu, yaitu IDX Value30 dan IDX Growth30. 

"Jadi, dua-duanya factor index yang kita terbitkan di tahun lalu dan mendapat respon baik terbukti ada beberapa produk yang dibentuk terutama oleh demand site kita para manajer investasi dan sampai hari ini produk itu ada di pasar dalam bentuk ITF maupun fund yang baru," katanya.

Dia menyebutkan, metode penghitungan Indeks IDX Quality30 akan menggunakan metode Capped Free-Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored. Indeks ini menggunakan kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dan dilakukan penyesuaian menggunakan nilai kualitas fundamental dari masing-masing saham. 

"Selanjutnya akan dilakukan pembatasan bobot (capping) suatu saham dalam indeks paling tinggi adalah 15 persen pada saat evaluasi," katanya.

Editor : Dani Dahwilani