BEI Catat 28 Perusahaan Siap Melantai di Bursa Saham

Aditya Pratama · Senin, 04 Januari 2021 - 22:40:00 WIB
BEI Catat 28 Perusahaan Siap Melantai di Bursa Saham
BEI mengungkapkan hingga 4 Januari 2021 terdapat 28 perusahaan dalam pipeline siap masuk pasar modal melalui mekanisme IPO. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI),  Gede Nyoman Yetna mengungkapkan hingga 4 Januari 2021 terdapat 28 perusahaan dalam pipeline siap masuk pasar modal melalui mekanisme initial public offering (IPO). Perusahaan-perusahaan yang akan melantai di bursa terdiri atas berbagai sektor.

Nyoman menuturkan, perusahaan-perusahaan yang akan melantai di bursa enam perusahaan dari sektor trade, services and investment; dua perusahaan sektor property, real estate & building construction, dua perusahaan sektor miscellaneous industry.

Kemudian, dua perusahaan sektor finance, dua perusahaan sektor infrastructure, utilities & transportation, satu perusahaan dari sektor agriculture dan satu perusahaan dari sektor tambang.

Selain itu, terdapat satu perusahaan di pipeline bursa tersebut telah mendapatkan Surat Efektif OJK dan akan melakukan pencatatan perdana pada tanggal 6 Januari 2021 yaitu PT DCI Indonesia Tbk.

"12 diantaranya sedang dalam proses evaluasi dan pemetaan sektor di BEI karena dokumen yang baru diterima minggu terakhir Desember 2020," ujar Nyoman, Senin (4/1/2021).

Selain saham, di pipeline Efek Bersifat Utang dan Sukuk (EBUS), Nyoman menyampaikan bahwa pihaknya per 4 Januari 2021 terdapat delapan penerbit yang akan menerbitkan sembilan emisi EBUS, dimana satu diantaranya merupakan calon perusahaan tercatat yang baru pertama kalinya mencatatkan EBUS (catatan: satu perusahaan dapat menerbitkan lebih dari satu emisi EBUS).

"Bursa juga sedang melakukan evaluasi untuk penerbitan dua ETF dan satu EBA-SP yang direncanakan terbit pada 2021," kata dia.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2