Era Bunga Tinggi Dimulai, Ini 5 Program KPR Bank Paling Murah

Rully Ramli ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 21:01 WIB
Era Bunga Tinggi Dimulai, Ini 5 Program KPR Bank Paling Murah

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) terus menaikkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate. Terakhir, bank sentral menaikkan suku bunga menjadi 6 persen pada November 2018.

Kenaikan suku bunga acuan biasanya akan berimbas pada kenaikan suku bunga perbankan. Kenaikan paling cepat biasanya terjadi pada kredit konsumsi, termasuk kredit pemilikan rumah (KPR).

Namun, jangan khawatir pada penghujung tahun ini beberapa bank menyediakan promosi KPR. Bahkan, di antaranya ada yang memiliki suku bunga fix selama 5 tahun di bawah 7 persen.

Berikut 5 Bank yang memiliki program KPR dengan suku bunga rendah sampai dengan Desember 2018.

1. KPR CIMB Niaga

Program KPR CIMB Niaga merupakan yang termurah di antara bank-bank lainnya. Sampai dengan 31 Desember 2018, CIMB Niaga menawarkan promo KPR dengan suku bunga 6,25 persen fixed untuk 3 tahun dengan pembiayaan maksimal 70 persen dari nilai properti.

Tanpa promo, CIMB Niaga menawarkan suku bunga KPR 6,5 persen fixed tiga tahun dan 7,25 persen untuk pembelian rumah pertama (primary) dan take over rumah pertama.

Bank CIMB Niaga juga memberikan kemudahan bagi para nasabah. Bank asal Malaysia itu tidak mewajibkan debitur untuk mengendapkan dana. Terhitung 30 November 2018, suku bunga floating Bank CIMB Niaga tercatat 9,9 persen.

2. KPR BNI

Bank BNI menawarkan KPR dalam sejumlah program KPR. Salah satunya KPR BNI M Griya Gue, BNI menawarkan 6,25 persen fixed 2 tahun pertama dan 7,25 persen efektif fixed 1 tahun berikutnya. Jangka waktu kredit yang diberikan hingga 25 tahun.

Selaini itu, BNI juga mempunyai program KPR BNI Griya, dengan suku bunga KPR 7,75 persen efektif fixed 2 tahun pertama. Dan untuk 3 tahun selanjutnya suku bunga akan tetap sama di angka 7,75 persen. Sampai saat ini, suku bunga floating KPR BNI berada di angka 10,5 persen.

 

3. KPR Bank Mandiri

Melalui program Mandiri KPR Milenial, Bank Mandiri menawarkan KPR dengan suku bunga 6,5 persen efektif fixed 5 tahun.

Melalui program ini, Bank Mandiri menawarkan bentuk pembiayaan pembelian rumah atau apartemen dengan keuntungan limit kredit yang lebih besar dibandingkan dengan KPR reguler karena mempertimbangkan kenaikan penghasilan setiap tahun.

Suku bunga yang diberikan cukup kompetitif serta angsuran yang ringan sepanjang tenor, dengan minimal tenor selama 10 tahun. Suku bunga floating KPR Bank Mandiri saat ini berada di angka 12,5 persen.

4. KPR Bank BTN

Bank BTN menawarkan BTN Platinum untuk program KPR-nya. Dengan skema nonsubsidi, dengan suku bunga 8 persen efektif fixed 3 tahun. Sementara untuk suku bunga floating Bank BTN saat ini adalah 12,5 persen.

Tidak hanya untuk KPR Rumah, promo KPR BTN ini juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pembelian secara kredit untuk jenis properti lain seperti Kredit Apartemen (KPA), kredit Ruko ataupun Take Over ke Bank BTN.

5. KPR BCA

Bank BCA menawarkan dua program KPR yaitu program KPR fix and cap dan KPR fix rate.

Untuk fix and cap, suku bunga yang ditawarkan Bank BCA adalah 8,25 persen efektif fixed 3 tahun pertama. Untuk 2 tahun selanjutnya suku bunga KPR naik 1,75 persen menjadi 10 persen.

Untuk fix rate, suku bunga yang ditawarkan terbagi ke dalam lima tenor fixed. Satu tahun dan dua tahun 8,75 persen, tiga tahun 8,5 persen, lima tahun 9 persen.

Saat ini suku bunga floating KPR Bank BCA berada di angka 11 persen.


Editor : Rahmat Fiansyah

TAG : kpr