Harga Bitcoin Anjlok, Investor Mana yang Paling Rugi?

Rahmat Fiansyah ยท Jumat, 22 Desember 2017 - 23:26:00 WIB
Harga Bitcoin Anjlok, Investor Mana yang Paling Rugi?
Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

LONDON, iNews.id – Investor yang baru membeli bitcoin pada Desember akan melihat nilai uang mereka yang ditaruh turun secara dramatis.

Hingga berita ini ditulis, nilai bitcoin sudah jatuh pada kisaran 10.000 dolar Amerika Serikat (AS). Padahal, pada hari Minggu (17/12/2017) nilainya mampu menyentuh rekor 20.000 dolar AS. Tapi, investor mana yang kira-kira paling rugi dari kejatuhan nilai bitcoin?

Pendayung asal AS, Cameron dan Tyler Winkelvoss atau yang dikenal dengan Winkelvoss Bersaudara yang juga pengusaha internet mungkin mengalami pukulan paling keras dari volatilitas Bitcoin. Pada hari Jumat (22/12/2017), nilai bitcoin mereka tercatat 1,33 miliar dolar AS. Artinya, mereka rugi 70 juta dolar AS atau setara Rp950 miliar hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Miliuner bitcoin itu menguasai 1 persen dari seluruh bitcoin yang ada di dunia atau sekitar 120.000 bitcoin. Namun, mereka membeli bitcoin pada tahun 2012 ketika harganya masih di bawah 10 dolar AS. Meski jatuh, mereka masih untung besar dari bitcoin.

“Kami merasa sangat nyaman dengan lingkungan yang penuh risiko, tanpa jaminan sukses apapun,” kata Tyler saat diwawancarai the New York Times pada 19 Desember lalu, seperti dikutip dari The Independent, Jumat.

Tak hanya Winkelvoss Bersaudara, CEO Quote Goat, Michael Foote juga kehilangan 500 poundsterling atau sekitar Rp9 juta hanya dalam waktu kurang dari 24 jam pada Kamis lalu.

“Bitcoin telah kehilangan identitasnya. Ia tidak lagi bisa menjadi mata uang alternatif seperti tujuan awalnya,” kata Foote.

Meski demikian, Pria asal London, Inggris yang  menginvestasikan uangnya di bitcoin, litecoin, dan ethereum pada September lalu itu sudah menjual keuntungannya yang sudah mencapai 300 persen. Tapi, dia tetap merasa kecewa karena menunda transaksi bitcoin miliknya sehingga nilainya turun pada Kamis lalu.

Dia mengaku akan menjauhi bitcoin dan mungkin mempertimbangkan untuk melirik mata uang digital lain seperti Ripple.

Sementara itu, seorang investor asal Afrika Selatan juga mengaku rugi hingga 6.000 rand atau setara Rp6 juta. Dalam akun twitternya, Lauren Cohen-Mendozza mencuit: “Suami saya sudah rugi 200.000 rand di saham Steinhoff. Saya juga rugi 6.000 di bitcoin,”

Editor : Ranto Rajagukguk

Bagikan Artikel: