Himbara Salurkan Kredit Rp32 Triliun dari Dana PEN

Hafid Fuad ยท Senin, 27 Juli 2020 - 14:25 WIB
Himbara Salurkan Kredit Rp32 Triliun dari Dana PEN

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penyaluran kredit dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp32,2 triliun. Dana tersebut disalurkan oleh empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Empat bank BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN telah menyampaikan rencana bisnis penyaluran kredit dari dana PEN sebesar Rp111,8 triliun atau 3,73 kali lipat dari penempatan dana Rp30 triliun. Dana tersebut akan disalurkan untuk sektor produktif, padat karya, ketahanan pangan, dan perumahan.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, penyaluran kredit dari dana PEN berpotensi lebih besar karena pemerintah berencana memperluasnya ke bank-bank lain.

"Kami menyambut baik rencana pemerintah yang selanjutnya akan juga memperluas penempatan likuiditasnya ke Bank BUKU 4 dan BUKU 3 lainnya, termasuk ke BPD yang kita saksikan hari ini," kata Wimboh di Jakarta, Senin (27/7/2020)

OJK, kata dia, siap mendukung penempatan dana pemerintah tetap sasaran. Dalam program PEN, OJK berperan menyeleksi bank-bank yang masuk kriteria untuk ditempatkan dana mulai dari tingkat kesehatan bank, struktur kepemilikan saham, bentuk badan hukum, dan informasi kondisi bank lainnya.

Selain itu, kata Wimboh, OJK juga mengawasi implementasi lewat skema post-audit.

"OJK akan memastikan bahwa bank yang menerima penempatan dana memiliki kemampuan untuk melaksanakan kebijakan stimulus dan memperluas penyaluran pinjamannya seperti yang dipersyaratkan oleh pemerintah," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah