IHSG Akan Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 08:44 WIB
IHSG Akan Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

IHSG akan menguat. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan hari ini. Adapun IHSG akan bergerak di rentang 6.180-6.257.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, sesuai perkiraan sebelumnya secara teknikal pergerakan IHSG cenderung menguji support setelah tidak mampu kuat di atas MA200 dan break out bearish trend line.

Indikator Stochastic, RSI dan MACD memberikan sinyal kejenuhan dalam tren penguatan dan bergerak menuju area oversold. Meskipun pada pergerakan terakhir IHSG berhasil ditutup di atas level 6.200 dengan indikatif kuatnya level tersebut.

"IHSG akan bergerak menguat terbatas bertahan di atas level 6.200 meskipun dalam pergerakan yang cukup berat pada support resistance 6.180-6.257," ujarnya dalam hasil risetnya, Rabu (14/8/2019).

IHSG sebelumnya ditutup melemah 0,63 persen atau 39,63 poin ke level 6.210 dengan saham-saham sektor industri dasar dan konsumer memimpin pelemahan. Sedangkan saham-saham sektor pertanian terutama CPO menguat di antara pelemahan mayoritas sektoral.

Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih sangat besar di level Rp1,03 triliun dengan saham BBCA, ASII dan BBRI yang menjadi top net sell value. Aksi jual investor asing ini mengiringi pelemahan nilai tukar rupiah cukup dalam 0,53 persen ke level Rp14.325 per dolar AS.

Ekuitas Asia melemah signifikan pada perdagangan sebelumnya, indeks Nikkei (-1,11 persen), TOPIX (-1,15 persen), HangSeng (-2,10 persen) dan Shanghai (-0.90 persen) melemah signifikan.

Menurut dia, gejolak unjuk rasa di Hong Kong dan Argentina memaksa investor untuk berhati-hati pada aset berisiko. Pasalnya, pengunjuk rasa anti pemerintah di Hong Kong kembali menargetkan bandara dan para pemimpin kota.

Ditambah pemerintah Singapura memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun ini lebih rendah mendekati angka nol persen.

"Tanda-tanda dampak perang dagang semakin meningkat ditambah kerusuhan anti pemerintah di Hongkong dan Argentina," ucapnya. 

Di Eropa, ekuitas ditutup positif dengan Indeks Eurostoxx (+0,92 persen), FTSE (+0,33 persen) dan DAX (+0.60 persen) naik cukup signifikan. Meskipun pada sesi awal perdagangan ekuitas Eropa sempat tertekan.

AS dan China tidak memberikan kelonggaran terhadap perang dagang mereka dan sejumlah data yang menunjukkan perlambatan pertumbuhan global.

Para investor melanjutkan fokusnya pada angka PDB zona euro minggu ini dan laporan produksi industri dari China dan Amerika untuk petunjuk lebih lanjut tentang prospek.

Saham-sahamnya yang cukup menarik untuk diperhatikan hari ini secara teknikal di antaranya TBLA, AALI, LSIP, GGRM, BBNI, PNBN, ASII, ADRO, UNTR, dan ERAA.


Editor : Ranto Rajagukguk