IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 12 September 2019 - 08:31 WIB
IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

IHSG akan menguat. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak menguat di perdagangan hari ini. Adapun IHSG akan bergerak dengan rentang pergerakan 6.350-6.425.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG secara teknikal break out resistance dengan memberikan sinyal konfirmasi menguji kembali level 6.500. Indikator Stochastic bergerak positif dengan RSI yang cenderung optimistis pada momentum bullish

"Kami perkiraan IHSG bergerak melanjutkan penguatan dengan support resistance 6.350-6.425," ujarnya dalam hasil risetnya, Kamis (12/9/2019).

IHSG sebelumnya ditutup menguat 0,72 persen atau 45,28 poin ke level 6.381 dengan saham sektor aneka industri dan properti memimpin penguatan. Saham ASII naik cukup signifikan setelah sempat terpuruk jauh di bawah level 7.000 di mana data penjualan mobil yang melambat menjadi trigger negatif sebelumnya.

Bursa saham Asia ditutup menguat dengan indeks Nikkei (+0,96 persen), TOPIX (+1,65 persen) dan HangSeng (+1,78 persen) naik signifikan cenderung optimistis.

Menurut dia, banyak indikasi bermunculan bahwa China akan bergerak untuk mengurangi dampak perang perdagangan. China merilis daftar baru yang disetujui untuk pembebasan tarif.

"Pergerakan China untuk mengurangi dampak perang perdagangan memberikan harapan terjadinya stimulus moneter agresif dari bank sentral Eropa dan The Fed," ucapnya.

Bursa Eropa ditutup menguat mengikuti penguatan mayoritas bursa saham Asia. Indeks Eurostoxx (+0,51 persen), FTSE (+0,96 persen), dan DAX (+0,74 persen) naik rata-rata di atas setengah persen. Sebagian penguatan didorong oleh rotasi kesektor-sektor yang tertinggi di tahun ini seperti sektor pertambangan dan perbankan di Eropa.

Sentimen selanjutnya, investor akan terfokus pada laporan bulanan persediaan dan permintaan serta perkiraan produksi oleh OPEC sebagai indikasi pergerakan harga minyak ke depan.

Saham-saham yang masih cukup menarik secara teknikal di antaranya LSIP, WSBP, WTON, CPIN, JPFA, HMSP, IMAS, WSKT, PTPP, LPCK, ADHI, WIKA, CTRA, dan RALS.


Editor : Ranto Rajagukguk