Inggris Kehilangan Posisi Bursa Saham Eropa Paling Berharga, Digeser Negara Ini

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 15 November 2022 - 14:20:00 WIB
Inggris Kehilangan Posisi Bursa Saham Eropa Paling Berharga, Digeser Negara Ini
Inggris kehilangan posisi bursa saham Eropa paling berharga, digeser negara ini. Foto: Reuters

LONDON, iNews.id - Bursa saham Inggris telah kehilangan posisinya yang paling berharga. Itu imbas dari penurunan ekonomi sehingga membebani perusahaan di negara tersebut. 

Mengutip BBC, Prancis menggeser Inggris di posisi puncak. Hal tersebut karena nilai gabungan saham emitennya didorong oleh pergerakan mata uang san permintaan barang mewah dari negara tersebut. 

Menurut data Bloomberg, ini kali pertamanya Prancis menyalip Inggris sejak dilakukan pencatatan pada 2003. Adapun nilai gabungan saham Inggris saat ini sekitar 2,821 triliun dolar AS, sedangkan Prancis bernilai sekitar 2,823 triliun dolar AS.

Indeks saham FTSE 250 London - yang mencantumkan perusahaan menengah - telah merosot lebih dari 17 persen selama setahun terakhir karena konsumen dan bisnis berjuang dengan kenaikan inflasi dan suku bunga. Namun, indeks FTSE 100, yang terdiri dari perusahaan terbesar, mayiritas tetap datar, meskipun indeks condong ke perusahaan yang berbasis di luar negeri dan produsen komoditas yang telah didorong oleh melonjaknya harga minyak.

Menurut Bloomberg, produsen barang mewah Prancis membantu meningkatkan nilai keseluruhan indeks CAC 40, saham perusahaan terkemuka negara itu. 

Saham LVMH, yang memiliki rumah mode Louis Vuitton telah melonjak dalam enam bulan terakhir karena China melonggarkan lockdown dan konsumennya kembali ke kebiasaan prapandemi. Data Bloomberg menunjukkan, pembeli China menyumbang sekitar 35 persen dari permintaan global untuk barang-barang mewah sebelum pandemi.

Sementara itu, Inggris diprediksi akan jatuh ke dalam resesi pada tahun ini karena melonjaknya angka inflasi. 

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda