Ini Syarat Nasabah KUR Bisa Dapat Keringanan Cicilan 6 Bulan

Muhammad Aulia ยท Rabu, 08 April 2020 - 21:08 WIB
Ini Syarat Nasabah KUR Bisa Dapat Keringanan Cicilan 6 Bulan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Nasabah debitur kredit usaha rakyat (KUR) memperoleh keringanan berupa pembebasan bunga selama enam bulan. Pembayaran pokok angsuran juga ditunda untuk periode yang sama.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kebijakan yang berlaku mulai 1 April 2020 itu diberikan tergantung penilaian lembaga penyalur KUR.

"Mereka yang akan mendapat pembebasan bunga dan penundaan pembayaran angsuran pokok KUR paling lama enam bulan, harus memenuhi penilaian penyalur KUR masing-masing,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Airlangga mengatakan, ada syarat umum dan syarat khusus yang harus dipenuhi nasabah jika ingin mendapat keringanan. Untuk syarat umum, debitur masuk dalam kategori kolektabilitas 1 dan 2 dan tidak sedang dalam masa restrukturisasi.

"Atau (debitur) kolektabilitas 1 dan 2 dan dalam masa restrukturisasi, dapat diberikan stimulus dengan syarat restrukturisasi berjalan lancar sesuai PK restrukturisasi dan tidak memiliki tunggakan bunga dana atau pokok; dan bersikap kooperatif dan memiliki itikad baik," ucapnya.

Sementara untuk syarat khusus yang harus dipenuhi ada tiga poin. Pertama, lokasi usaha berada di daerah terdampak Covid-19 yang diumumkan pemerintah setempat. Kedua, pendapatan anjlok akibat Covid-19

"Terjadi gangguan terhadap proses produksi karena dampak Covid-19," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah