Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah, Investor Wait and See Masuk Pasar Modal

Aditya Pratama ยท Senin, 21 September 2020 - 10:57 WIB
Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah, Investor Wait and See Masuk Pasar Modal

Kenaikan kasus positif Covid-19 akan memberi sentimen negatif ke investor pasar modal Indonesia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kasus positif Covid-19 secara global terus naik. Bahkan, telah mencapai 30 juta kasus positif Covid-19. 

Senior Research Analyst Infovesta Praska Putrantyo menilai, kenaikan kasus akan memberi sentimen negatif ke investor pasar modal Indonesia. Pasalnya, semakin besar jumlah kasus positif, upaya untuk memulihkan ekonomi akan membutuhkan waktu yang lebih panjang.

"Kasus Covid-19 secara global yang menembus 30 juta kasus dan kematian menembus 940.000-an. Nah ini yang menimbulkan kekhawatiran bahwa potensi recovery bisa tertunda lagi," ujar Praska dalam acara Market Opening IDX Channel, Senin (21/9/2020).

Praska melanjutkan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang akhir pekan kemarin juga terlihat masih ke arah "wait and see" di mana konsolidasi belum cukup menguat. Secara volume transaksi, IHSG ditopang oleh penguatan volume saat mengalami rebound.

Namun, jual bersih (net sell) dalam sepekan terakhir telah mencapai Rp3,7 triliun. Dia menyebut, tekanan jual tersebut secara sentimen masih terganggu dari bursa regional yang masih mengantisipasi rilis ekonomi dunia, terutama dari kebijakan Bank Sentral Tiongkok yang rencananya akan mengumumkan tingkat suku bunga acuan.

"Serta kepastian bagaimana besaran stimulus untuk ekonomi Amerika Serikat yang itu masih ditunggu oleh investor," ucapnya.  

Editor : Ranto Rajagukguk