Kebiasaan Online Shopping? Asalkan Produktif, Bagus!

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:30 WIB
Kebiasaan Online Shopping? Asalkan Produktif, Bagus!

Belanja saham semudah belanja di e-commerce dengan aplikasi MNC Trade. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Kebiasaan berbelanja secara online makin sulit dihindari. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak menjadi terbatas, kegiatan berbelanja secara online bisa menjadi salah satu solusi.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Analytic Data Advertising (ADA), penggunaan aplikasi online shopping bahkan melonjak tajam mencapai 300 persen sejak pandemi pada April 2020.

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas, Thomas Darmawan menilai kebiasaan berbelanja online tidak menjadi masalah asalkan diimbangi dengan kebiasaan yang bersifat produktif. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar kebiasaan berbelanja online bersifat produktif adalah dengan memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pengembangan diri dengan mengikuti kegiatan edukasi dan mengalokasikan anggaran belanja untuk investasi.

“Situasi pandemi membuat kita beradaptasi terhadap kebiasaan baru, termasuk memanfaatkan channel digital dalam berbelanja. Belum lagi, ditambah dengan metode pembayaran secara digital yang menunjang transaksi berbelanja. Namun, kebiasaan ini perlu dicermati dengan bijak, seperti mengubah kebiasaan belanja konsumtif menjadi produktif. Nasabah dapat mengalokasikan anggaran belanjanya untuk membeli produk investasi, seperti saham. Selain itu, nasabah juga dapat mengikuti kelas edukasi saham untuk menunjang pengetahuan mengenai investasi,” kata Thomas, Kamis (29/10/2020).

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua