Khawatir Resesi? Ini 4 Cara Siapkan Dana Darurat agar Masa Depan Aman

Djairan · Kamis, 21 Mei 2020 - 20:13 WIB
Khawatir Resesi? Ini 4 Cara Siapkan Dana Darurat agar Masa Depan Aman

Tips keuangan untuk menghadapi resesi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id -  Berhenti untuk cemas akan ancaman resesi tampaknya harus dilakukan. Sebab, hanya akan membuat rasa takut berlebihan datang, terlebih tidak diiringi dengan langkah cerdas dalam menghadapinya.

Hal terpenting yang dapat dilakukan siapa pun untuk menghadapi itu adalah membangun cadangan kas dengan baik, kata para pakar keuangan. Ini memang bukan saran baru, tetapi sangat penting. 

Jika khawatir tentang masa depan, prioritaskan menyisihkan uang dengan sedikit ekstra ke tabungan darurat Anda, di samping tetap berinvestasi atau cara lainnya yang menunjang penghasilan. 

Dikutip dari Grow Acorns, berikut empat tips mudah dalam membangun tabungan darurat:

Manfaatkan Aplikasi Tabungan

Cara cerdas dalam membangun tabungan bisa anda mulai dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Terlebih bagi kaum muda atau generasi millennial yang ingin semua serba instan. Bahkan, generasi saat ini tidak lagi melakukan kebiasaan seperti halnya generasi terdahulu. Karena itu, memanfaatkan aplikasi tabungan online bisa menjadi pilihan.

Terobosan ini benar-benar bisa menghemat uang, karena bisa menahan Anda dari godaan membelanjakan uang dengan berlebihan. Sebab aplikasi tabungan yang ada saat ini sudah bisa menganalisis pola pengeluaran, bahkan menyisihkan uang untuk Anda. Maka akan memudahkan dalam mengontrol finansial pribadi dan mengelola anggaran keuangan secara detail.

Pilihan aplikasi tabungan yang ada di Indonesia seperti Sobatku, Jenius, Ipotpay, Money Lover, Expense IQ, Honey Due dan lainnya. Tidak ada salahnya Anda mencobanya.

Manfaatkan Celah untuk Tambah Tabungan

Saat pandemi corona ini, mungkin Anda akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk pengeluaran rutin, seperti transportasi, hiburan, perjalanan dan lainya. Semua uang ekstra itu bisa langsung ditabung. Sudah saatnya hari ini Anda membangun proteksi keuangan sendiri. Selanjutnya, evaluasi penggunaan terakhir kartu kredit Anda, dan buat daftar semua yang dibayar untuk itu. Lihat apakah ada pengeluaran yang bisa dihilangkan. Hal ini bisa Anda mulai untuk membiasakan menambah jumlah tabungan.

Tetapkan Gol dalam Menabung

Sebagian besar pakar keuangan mengatakan dana darurat Anda harus dapat menopang biaya hidup selama tiga hingga enam bulan. Walaupun itu adalah tujuan yang baik, namun butuh usaha yang ekstra untuk melakukanya. Untuk mulai membangun itu, tentukan gol mini yang lebih realistis untuk dicapai, seperti memulai menyisihkan sekian persen dari pendapatan rutin Anda untuk memulainya.

Hemat Sebanyak Mungkin

Salah satu kunci untuk menghemat uang adalah, menekan biaya sebanyak yang Anda bisa. Itu terutama berlaku untuk pengeluaran besar seperti bahan makanan dan barang-barang lain yang selalu Anda beli secara rutin. Seperti makanan, luangkan waktu untuk bisa memasak secara mandiri dengan menggunakan bahan makanan yang hemat dan cocok untuk Anda dan keluarga. Menghemat pengeluaran besar akan sangat membantu jumlah tabungan Anda bertambah.    

Editor : Ranto Rajagukguk