Kinerja Kinclong, Laba Bersih IPTV Tumbuh 148 Persen

Aditya Pratama ยท Jumat, 09 Juli 2021 - 08:53:00 WIB
Kinerja Kinclong, Laba Bersih IPTV Tumbuh 148 Persen
PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) mencatatkan laba bersih tumbuh 148 persen

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) mencatatkan kenaikan laba bersih kuartal I 2021 sebesar 148 persen menjadi Rp101,3 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp40,8 miliar. Margin laba bersih juga mengalami peningkatan menjadi 10 persen dibandingkan dengan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 5 persen.

Sementara pendapatan konsolidasi perseroan tercatat sebesar Rp1,032 triliun pada kuartal I 2021. Jumlah itu mengalami peningkatan sebesar 23 persen secara year on year (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp842 miliar.

“Kinerja yang dicapai MVN sangat memuaskan. Berbagai inisiatif yang telah diterapkan di tahun ini terbukti sangat efektif dan mampu tercermin dari kinerja perseroan. Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa MVN telah berada di posisi yang tepat untuk beradaptasi dan mampu mendominasi pasar terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini," kata Presiden Direktur IPTV Ade Tjendra, Jumat (9/7/2021).

Selain itu, dia menambahkan, tingkat permintaan terhadap satelit DTH TV berlangganan juga relatif tinggi, terutama untuk segmentasi menengah ke bawah. Hal penting lainnya, pelanggan Vision+ senantiasa mengalami pertumbuhan seiring dengan perkembangan dari pilihan konten
perseroan.

Adapun pendapatan konsolidasi perseroan berasal dari pendapatan layanan satelit yang meliputi dua unit DTH perseroan, yaitu MNC Vision (pasca bayar) dan K-Vision (prabayar) mengalami peningkatan sebesar 3 persen yoy di kuartal I menjadi Rp668,9 miliar dibandingkan Rp651,5 miliar miliar pada kuartal I 2020. Peningkatan pendapatan layanan satelit disebabkan menguatnya akuisisi pelanggan K-Vision di sepanjang tahun mencapai hingga 1,3 juta pelanggan baru, serta didukung oleh keberhasilan dalam penjualan voucher isi ulang sebesar Rp49,6 miliar tiga bulan pertama tahun ini.

Sedangkan pendapatan perseroan yang berasal dari segmen layanan digital, IPTV, dan broadband mengalami pertumbuhan signifikan menjadi Rp327,2 miliar pada kuartal I 2021 dibandingkan sebelumnya Rp160,2 miliar atau mewakili 104 persen yoy dari pencapaian kuartal I 2020.

Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat, yang terjadi karena pembatasan sosial yang diterapkan kepada masyarakat. Hal ini menyebabkan permintaan akan layanan hiburan dan broadband berkualitas semakin meningkat, yang tercermin dari kinerja MNC Play (broadband dan IPTV) dan Vision+ (OTT Video Service).

Hingga akhir kuartal I 2021, pelanggan MNC Play telah mencapai 301.000 dengan 1,5 juta home pass, yang juga didukung oleh efektivitas leasing kapasitas jaringan dari pihak ketiga. Selain itu, Vision+ juga telah berkinerja dengan sangat baik di sepanjang kuarter ini terutama sejak meningkatnya jumlah produksi in-house untuk konten orisinal. Pada akhir  kuartal I 2021, pelanggan Vision+ telah mencapai 1,8 juta dengan
39,7 juta Monthly Active Users (MAU).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: