LPS Pastikan Isu Bank Habis Uang Tunai di ATM Hoaks

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 09 April 2020 - 14:54:00 WIB
LPS Pastikan Isu Bank Habis Uang Tunai di ATM Hoaks
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan ketersediaan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tercukupi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan ketersediaan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tercukupi selama pandemi Covid-19. Hal ini menyikapi isu di media sosial (medsos) tentang ketiadaan uang tunai di ATM.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengatakan, beberapa waktu lalu tersiar kabar di medsos bahwa tiga lembaga perbankan, khususnya dua bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan satu bank milik swasta kehabisan uang tunai di ATM. 

Halim menegaskan, kabar tersebut tidak benar alias hoaks. "Beberapa hari ini bapak ibu menerima berita di social media tentang kekurangan likuiditas dua bank pemerintah dan satu bank swasta. Kami tegaskan sekali lagi ini hoaks, tidak benar," kata Halim, Kamis (9/4/2020). 

Halim mengatakan memang ada kejadian di mana dana di beberapa ATM milik bank-bank tersebut habis. Namun, bank tersebut langsung menyiapkan uang tunai untuk ketersediaan di ATM. 

"Setelah ditelepon bank siapkan uang sehingga tidak ada keributan," kata Halim 

Lebih lanjut Halim menyampaikan, LPS bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah akan mengawasi terus ketersedian uang tunai di masing-masing ATM. Dia juga mengimbau bank-bank untuk terus menjaga ketersediaan uang tunai. 


Editor : Ranto Rajagukguk