LPS: Tren Penurunan Suku Bunga Deposito Diperkirakan Berlanjut

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 16 September 2019 - 19:13 WIB
LPS: Tren Penurunan Suku Bunga Deposito Diperkirakan Berlanjut

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan Bank Indonesia (BI) berpeluang kembali memangkas suku bunganya. (Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan Bank Indonesia (BI) berpeluang kembali memangkas suku bunganya. Hal ini seiring meningkatnya risiko perlambatan ekonomi serta proyeksi inflasi yang rendah. 

“Ruang penurunan lanjutan untuk BI7DDR dan kebijakan moneter yang akomodatif cukup terbuka hingga akhir tahun,” demikian laporan Indikator Likuiditas LPS, Senin (16/9/2019).

Di sisi lain langkah the Fed dan bank sentral negara lain dalam melakukan pelonggaran, risiko volatilitas di pasar keuangan, risiko kinerja neraca transaksi berjalan serta respons pelaku ekonomi terhadap pemangkasan BI7DDR akan menjadi faktor pertimbangan lain yang menentukan penurunan lanjutan suku bunga moneter.

“Sejalan dengan penurunan BI7DRR dalam dua periode terakhir, arah suku bunga antar-bank (JIBOR) di semua tenor berpeluang turun secara gradual merespons penurunan yang ditempuh BI dan kondisi likuiditas antar bank yang relatif stabil,” ujarnya

LPS menyatakan, suku bunga simpanan rupiah sepanjang bulan Agustus 2019 terpantau turun secara bertahap. Rata-rata tingkat bunga deposito rupiah (22 moving daily average) bank benchmark LPS pada akhir Agustus 2019 mencapai 5,95 persen, turun 13 bps dari posisi akhir Juli 2019. Sementara rata-rata suku bunga minimum dan maksimum tercatat masing-masing turun 8 dan 18 bps ke level 4,92 persen dan 6,98 persen.

Sementara tingkat bunga deposito valuta asing pada periode yang sama juga menunjukan penurunan meski dalam kisaran yang lebih terbatas di tengah adanya kenaikan terbatas di suku bunga minimum. Tercatat suku bunga minimum valuta asing naik 2 bps sementara untuk maksimum mengalami penurunan 4 bps ke level 0,61 persen dan 1,82 persen.

“Tren suku bunga simpanan perbankan mulai menunjukkan tren penurunan merespons penurunan BI7DRR dan langkah pelonggaran yang ditempuh BI. Meredanya kompetisi pada bunga special rate memberikan ruang bagi perbankan memperbaiki struktur biaya dana,” kata LPS. 

Tren penurunan suku bunga deposito untuk semua tenor dan kelompok bank diperkirakan berlanjut secara gradual sebelum berlanjut pada penurunan suku bunga kredit. Adanya penurunan Tingkat Bunga Penjaminan akan memperkuat dan mempercepat proses penurunan tingkat bunga simpanan ke level yang lebih rendah.

Editor : Ranto Rajagukguk