MNC Asset Management Optimistis Dana Kelolaan 2019 Lampaui Target Rp6,8 Triliun

Rully Ramli ยท Kamis, 27 Juni 2019 - 14:38 WIB
MNC Asset Management Optimistis Dana Kelolaan 2019 Lampaui Target Rp6,8 Triliun

Direktur Utama MNC Asset Management, Frery Kojongian. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - MNC Asset Management optimistis dana kelolaan (Asset Under Management atau AUM) bisa melampaui target Rp6,8 triliun. Pasalnya, sejauh ini dana investor yang dikelola oleh MNC Asset Management sudah mencapai Rp5,8 trilun.

"Saat ini AUM kami itu sekitar Rp5,8 triliun, hampir Rp6 triliun, kalau untuk sampai akhir tahun rencana kami itu sekitar Rp6,8 triliun," kata Direktur Utama MNC Asset Management, Frery Kojongian di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Frery menilai kondisi suku bunga global saat ini berbalik arah menjadi dovish. Hal ini menjadi peluang besar bagi investor untuk menanamkan dananya pada aset-aset yang lebih berisiko, termasuk reksa dana. Reksa dana dinilainya menjadi instrumen investasi yang tepat karena memiliki imbal hasil (return) yang terukur.

"Harapan kami ke depan dengan kemungkinan penurunan suku bunga dari The Fed yang diikuti oleh bank sentral dalam negeri, menurut saya ini saat paling tepat untuk berinvestasi di (reksa dana) fixed income (pendapatan tetap)," ujarnya.

Frery menilai, reksa dana pendapatan tetap menjadi pilihan karena saat suku bunga acuan turun, instrumen investasi yang terkena dampaknya langsung yaitu obligasi. Harga obligasi biasanya akan naik seiring perpindahan aset dari pasar uang menuju obligasi.

Selain itu, lanjut Frery, reksa dana berbasis saham juga menarik karena setelah berdampak pada obligasi, penurunan suku bunga akan menurunkan biaya pinjaman sehingga laba bersih emiten akan naik.

"Ke depan kami yakin reksa dana ekuitas akan memberikan return yang bagus, karena sifatnya lebih agresif dan tenor lebih panjang," tutur dia.


Editor : Rahmat Fiansyah