MNC Kapital Fokus Kembangkan Layanan Keuangan Digital

Ferdi Rantung ยท Senin, 27 Juli 2020 - 21:18 WIB
MNC Kapital Fokus Kembangkan Layanan Keuangan Digital

Tahun ini, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) akan fokus pada layanan keuangan digital. (Foto: Ferdi)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) akan berfokus pada layanan keuangan digital pada tahun ini. Langkah strategis tersebut sesuai dengan tren pasar keuangan saat ini.

Direktur Utama MNC Kapital, Wito Mailoa menjelaskan dengan dukungan MNC Group, perseroan akan terus mengembangkan sinergi grup yang solid dan berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pelanggan.

“Kita memiliki ekosistem keuangan digital yang unik. Hal ini tidak dimiliki para kompetitor. Dengan sinergi yang solid, perseoroan yakin akan memberikan hasil maksimal,” ujarnya, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Sementara itu, Direktur MNC Kapital Jessica Tanoesoedibjo memaparkan update dan arah digitalisasi unit bisnis perseroan. Pertama, MNC Bank akan segera meluncurkan new mobile banking dengan nama Motion (Mobile Transaction Indonesia).

“Ini merupakan salah satu langkah MNC Bank dalam mewujudkan visinya menuju bank tanpa cabang sekaligus untuk meningkatkan kepuasan nasabah,” ujar Jessica

Kedua, akan ada sinergi antara MNC Life dan MNC Insurance untuk memaksimalkan perlindungan bagi penggunanya melalui aplikasi asuransi digital bernama Hario. Aplikasi menyediakan asuransi kesehatan, kecelakaan, pensiun, pendidikan, hingga asuransi rumah, serta tambahan perlindungan Covid-19 gratis, menawarkan fleksibilitas kepada pengguna dalam memilih premi asuransi pada satu platform.

“Langkah digital ini akan mengarah pada proses operasional yang lebih efisien serta jangkauan pelayanan yang semakin luas,” katanya

Selain itu, MNC Kapital dalam waktu dekat akan memiliki platform peer-to-peer (P2P) lending sebagai agen penyalur dana pinjaman MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing. Perseroan berkeyakinan platform P2P lending, dengan fleksibilitas tanda tangan digital dapat beroperasi tanpa cabang dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

“Diawali dengan sinergi dalam ekosistem MNC Group, platform ini akan menerapkan analisa kredit berbasis AI dan otomatisasi proses pinjaman” ujar Jessica.

Pada tahun ini, MNC Kapital akan mengakuisisi Flash Mobile yang merupakan perusahaan payment gateway dan biller aggregator. Dalam proses untuk memperoleh lisensi, Flash Mobile akan dilengkapi dengan sertifikat PCI DSS (standar tertinggi keamanan).

MNC Sekuritas perseroan melalui platform digital dan online trading-nya MNC Trade, akan segera menyediakan layanan tambahan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) online.

Diawali dengan produk reksa dana MNC Asset Management, pada akhir 2020 (tergantung pada persetujuan OJK), MNC Sekuritas juga akan mengelola aneka produk reksa dana dari berbagai perusahaan manajemen aset dalam platform MNC Trade.

Sementara untuk MNC Asset Management sedang meng-upgrade platform MNC Duit menjadi “MNC Duit 2.0”. Platform yang tadinya hanya sebagai sumber informasi bagi nasabah ritel, nantinya akan dapat mengelola investasi produk reksa dana secara terintegrasi, tidak hanya informasi portofolio, melainkan akan mampu transaksi pembelian, penjualan, switch dan redeem, maupun berbagai kebutuhan lain, termasuk untuk klien ritel, APERD, konsultan keuangan dan klien institusi.

Sementara, MNC Teknologi Nusantara juga sedang mengembangkan program Loyalty Points yang akan diintegrasikan ke dalam berbagai platform digital MNC Group, dari media hingga jasa keuangan.

Terakhir, MNC Teknologi Nusantara terus berinovasi dengan platform SPIN. Selain menyediakan layanan e-money, e-wallet, serta pembayaran produk kebutuhan dasar seperti pulsa, listrik dan air; SPIN juga memungkinkan para penggunanya untuk mentransfer dana secara digital, ke rekening bank tertentu dan e-wallet lain.

“SPIN bersinergi dengan MNC Media mewujudkan konsep baru in-TV purchase. Di mana pengguna dapat melakukan scan QRIS yang terpampang di layar televisi dan langsung membeli produk yang ditawarkan,” ujar Jessica.

Editor : Dani Dahwilani