MNC Sekuritas Gelar Kompetisi Virtual Trading Saham untuk Milenial

Aditya Pratama ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 12:17 WIB
MNC Sekuritas Gelar Kompetisi Virtual Trading Saham untuk Milenial

MNC Sekuritas menggelar MNC Nation 2019 Virtual Trading Competition di Universitas Mercu Buana, Kembangan, Jakarta, Selasa (10/12/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Generasi milenial semakin mendominasi investor pasar modal di Tanah Air. Per Oktober 2019, dari 2,2 juta investor, 60 persen masuk kategori milenial.

MNC Sekuritas memanfaatkan peluang tersebut dengan menghadirkan Galeri Investasi (GI) yang tersebar secara nasional di berbagai kampus. Para mahasiswa, dosen, dan civitas akademika kini memiliki kemudahan akses terhadap informasi dan kegiatan edukasi pasar modal.

Selain menjadikan GI Investasi sebagai pusat informasi dan edukasi pasar, MNC Sekuritas juga menggelar MNC Nation 2019, yaitu kompetisi virtual trading saham terbesar untuk milenial. Puncak acara digelar di Grand Auditorium Universitas Mercu Buana, Jakarta, pada Selasa (10/12/2019).

Kompetisi trading saham menggunakan aplikasi virtual trading MNC Sekuritas ini terbuka bagi mahasiswa aktif dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, baik dari program studi D3, D4, S1 maupun Pasca Sarjana semua jurusan.

Setelah melalui babak penyisihan tanggal 1-18 November 2019, serta babak semifinal tanggal 19-24 November 2019, 12 tim finalis dari berbagai universitas siap untuk berkompetisi lebih lanjut dalam Grand Final MNC Nation 2019 pada pertengahan Desember ini. Kompetisi MNC Nation 2019 dirancang khusus untuk meningkatkan semangat investasi di pasar modal bagi milenial.

Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria menyampaikan kegembiraannya atas antusiasme para mahasiswa terhadap dunia investasi saham. Dalam ajang yang pertama kali diselenggarakan ini, MNC Sekuritas menorehkan pencapaian dari segi jumlah maupun distribusi peserta. Perseroan berhasil menjaring 231 peserta dari 57 Perguruan Tinggi, yang tersebar di 30 kota.

"Kami menyambut baik respons positif dari anak-anak muda Indonesia terhadap investasi saham. Terima kasih kepada pihak kampus yang mendukung mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang edukatif ini," ujar Fifi di Universitas Mercu Buana Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Fifi berharap, seluruh peserta dapat merasakan langsung pengalaman bertransaksi saham, sehingga akhirnya menjadi investor atau trader saham sesungguhnya.

"Semangat investasinya jangan hanya berkobar saat kompetisi, tapi harus terus-menerus menyala," kata dia.

Selain memperoleh tanggapan yang luar biasa dari peserta, gelaran perdana MNC Nation 2019 juga didukung oleh berbagai pihak, termasuk regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Manajemen Strategis dan Edukasi Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 1 (OJK KR 1), Duma Reana Hutapea mengatakan, sebagai bentuk pelaksanaan Program OJK KR 1 dengan kolaborasi bersama MNC Sekuritas, pihaknya aktif melaksanakan kegiatan pengenalan OJK, inklusi keuangan, waspada investasi ilegal, fintech serta banyak kegiatan lainnya terkait edukasi dan literasi kepada masyarakat luas.

“MNC Nation 2019 merupakan satu bukti peran aktif OJK Kantor Regional 1 dalam mendukung upaya peningkatan peran kaum milenial untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia,” ucap Duma.

Sementara itu, Head of Investment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal menyampaikan rasa syukurnya atas atas dukungan dari berbagai pihak sehingga acara dapat terselenggara dengan spektakuler, termasuk di antaranya PT Pegadaian (Persero), PT Bukit Asam Tbk, Universitas Mercu Buana, serta beberapa sponsor lainnya.

"Selain berkesempatan untuk membawa pulang hadiah puluhan juta rupiah, lima tim pemenang juga dapat merasakan langsung pengalaman berkunjung ke studio produksi MNC Media di Kebon Sirih, serta interview eksklusif di Global Radio," kata Andri.


Editor : Rahmat Fiansyah