OJK Targetkan 70 Persen Pelajar Indonesia Punya Rekening Tabungan di 2021

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 28 September 2021 - 17:48:00 WIB
OJK Targetkan 70 Persen Pelajar Indonesia Punya Rekening Tabungan di 2021
Logo Otoritas Jasa Keuangan. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan hingga akhir 2021, 70 persen pelajar Indonesia harus memiliki rekening tabungan.

Hal ini disampaikan Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, dalam acara Media Briefing terkait Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang bertajuk Bangkitkan Ekonomi Bangsa, Selasa (28/9/2021). 

Menurut dia, tiap tahun OJK tak henti dalam mendorong program peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi kelompok pelajar melalui program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR). Adapun target yang dicanangkan pada tahun depan, pelajar yang memiliki rekening tabungan bisa mencapai 80 persen.

“Program KEJAR akan kita dorong terus. Terlebih di bulan inklusi keuangan ini. targetnya tahun ini, rekening KEJAR bisa mencapai 70 persen pelajar Indonesia harus punya rekening tabungan. Kemudian, tahun depan 80 persen,” ujar Tirta. 

Hingga saat ini, lanjutnya, total rekening pelajar sudah berjumlah 42 juta akun dengan nominal Rp 26,3 triliun, dan jumlah pelajar yang sudah menikmati program ini sudah 63 persen dari total pelajar.

Adapun strategi yang dilakukan OJK guna memenuhi target yang ditetapkan, yaitu mendorong bank-bank agar merekrut sekolah-sekolah di Indonesia untuk menjadi agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor) dalam rangka keuangan inklusif.

Tirta menjelaskan, jika sekolah-sekolah menjadi agen, bank-bank tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk transaksi dengan para pelajar. 

“Kalau mereka jadi agen, para pelajar bisa memiliki tabungan. Mereka bisa menabung, melihat saldonya dengan senang hati nggak diambil-ambil karena ingin punya uang banyak dimasa depan, dan lain halnya,” ungkap Tirta.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: