OJK: Tren Restrukturisasi Kredit Terus Melandai, Terakhir Capai Rp720 Triliun

Advenia Elisabeth ยท Jumat, 15 Oktober 2021 - 08:17:00 WIB
OJK: Tren Restrukturisasi Kredit Terus Melandai, Terakhir Capai Rp720 Triliun
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, tren restrukturisasi kredit terus melandai.. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, tren restrukturisasi kredit melandai. Ini tercermin dari nilai outstanding restrukturisasi kredit menjadi Rp744,75 triliun dari posisi akhir Maret Rp808,75 triliun.

"Trennya terus melandai dan bahkan kita harapkan angka terakhir sudah lebih rendah dari itu. Saya dapat kabar angka terakhir sudah mencapai Rp720 triliun," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dikutip Jumat (15/10/2021).

Tren restrukturisasi yang terus menurun ini sejalan dengan membaiknya ekonomi Indonesia. Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di kuartal II tumbuh 7,07 persen dan diperkirakan angka ini akan terus berlanjut sampai tahun depan seiring keberhasilan penanganan Covid-19 di dalam negeri.

Dia menuturkan, dalam mengantisipasi kebijakan kontra siklus terhadap pandemi, OJK melakukan kebijakan restruktrusasi kredit terhadap sektor usaha yang terdampak pandemi. Seperti diketahui bersama kebijakan restrukturisasi kredit ini diperpanjang OJK hingga 31 Maret 2023 mendatang.

Kasus postif Covid-19 pun menunjukkan tren penurunan seiring dengan percepatan vaksinasi yang terus digenjot pemerintah dan dikukung juga oleh pihak swasta. Dengan begitu herd immunity dapat cepat terwujud dan roda perekonomian dapat kembali normal.

"Kondisi negara yang perlahan pulih dari Covid-19 ini juga yang mendorong restrukturisasi mencatat tren penurunannya," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda