OJK Yakin IHSG Terus Menanjak hingga Akhir Tahun

Giri Hartomo ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:48 WIB
OJK Yakin IHSG Terus Menanjak hingga Akhir Tahun

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus naik sejak Maret 2020. Kendati demikian, indeks masih minus 19 persen sejak awal tahun.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan, pada Maret 2020, IHSG sempat berada di level 3.937. Namun saat ini berada di kisaran 5.100.

"Saya optimistis sampai akhir 2020 ini pasar modal Indonesia akan terus membaik dan mencatatkan perkembangan yang posittif," ujarnya dalam acara "Capital Market Fun Day 2020", Minggu (18/10/2020).

Hoesen mengajak kepada seluruh pelaku pasar modal tetap optimistis. Apa yang terjadi saat ini, kata dia, tak hanya dialami Indonesia, melainkan juga negara-negara lain.

"Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh insan pasar modal indonesia untuk tetap optimistis dan jangan berputus asa menghadapi berbagai tantangan tersebut," katanya.

Menurut Hoesen, pasar modal Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara tetangga seperti Singapura, Filipina, dan Thailand. Data Bloomberg menunjukkan indeks Singapura, Filipina, dan Thailand secara ytd minus masing-masing 21,4 persen, 24,5 persen, dan 21,9 persen. Sementara Indonesia minus 18,9 persen.

"Kondisi IHSG secara year to date masih lebih baik jika di dibandingkan dengan beberapa peer country ASEAN, seperti Singapura, Filipina dan Thailand," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah