Pejabat Eselon Jadi Fungsional, Sri Mulyani: Gaji Tidak Berubah tapi...

Antara ยท Sabtu, 30 November 2019 - 10:53 WIB
Pejabat Eselon Jadi Fungsional, Sri Mulyani: Gaji Tidak Berubah tapi...

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Kemenkeu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghapus 93 jabatan eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Mereka yang sebelumnya menduduki jabatan struktural tersebut akan dialihkan menjadi pejabat fungsional.

Sri Mulyani memastikan ASN yang kehilangan jabatan eselon III dan IV tidak akan dikurangi gajinya.

"Gaji tidak berubah tapi mungkin fasilitasnya (berbeda)," kata Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

BACA JUGA:

Sri Mulyani Hapus Lebih dari Separuh Jabatan Eselon III dan IV Kemenkeu

Eselon Dipangkas, Jokowi: Ganti dengan Artificial Intelligence

Di lingkungan ASN, jabatan struktural seperti eselon selama ini dianggap lebih prestisius dibandingkan jabatan fungsional. Selain kekuasaan lebih besar, pejabat struktural biasanya memperoleh fasilitas lebih baik daripada pejabat fungsional seperti rumah dan kendaraan dinas. Soal fasilitas, biasanya pejabat struktural akan diprioritaskan.

Selama ini, pejabat fungsional juga mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih rendah daripada pejabat struktural. Namun, Sri Mulyani menyebut, sesuai instruksi Presiden Jokowi, mereka yang dialihkan tidak akan berkurang gaji dan tunjangannya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, optimalisasi birokrasi akan terus dilakukan, termasuk ide Presiden soal keterlibatan robot berupa kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mengganti penghapusan eselon.

"Bagaimana mereka bisa berfungsi dengan baik sesuai tugas birokrasi, itu yang menjadi fokus untuk terus diperbaiki, baik dari struktur layer maupun fungsi mereka," tuturnya.

Penghapusan lebih dari separuh eselon III dan IV Kemenkeu akan dimulai di Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Sementara direktorat jenderal akan menyusul sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

Di BKF, Sri Mulyani menghapus 19 jabatan eselon III dan 74 eselon IV dari total 160 jabatan yang ada. Dengan demikian, tersisa 67 pejabat eselon III dan IV yang dipertahankan karena sifatnya yang lebih fungsional ketimbang administratif.


Editor : Rahmat Fiansyah