Pemerintah Alihkan Saham Minoritas di 5 Perusahaan Senilai Rp2,9 Triliun ke PPA

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 28 April 2021 - 16:44:00 WIB
Pemerintah Alihkan Saham Minoritas di 5 Perusahaan Senilai Rp2,9 Triliun ke PPA
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengalihkan hak atas kepemilikan saham minoritas negara pada lima perusahaan senilai Rp2,95 triliun. Pengalihan itu akan diserahkan kepada PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau (PPA). 

Adapun perusahaan yang dimaksud, yakni PT Indosat Tbk, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), PT Bank KB Bukopin Tbk, PT Kawasan Industri Lampung, dan PT Socfin Indonesia. Pengalihan aset negara itu dilakukan hari ini, Rabu (28/4/2021). 

Langkah tersebut sebagai tindak lanjut dari penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham PPA dan Keputusan Menteri Keuangan (PMK) No.135/KMK.06/2021 tentang Penetapan Nilai Penambahan PMN RI ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan PT Perusahaan Pengelola Aset.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, pengalihan kepemilikan saham minoritas dari kelima perusahaan tersebut akan memperkuat struktur permodalan PPA. Saat ini, perseroan tengah bertransformasi bersama dengan PT Danareksa (Persero) dalam Klaster Danareksa–PPA menuju National Asset Management Company (NAMCO).

Pelaksanaan pengalihan perusahaan kepemilikan negara minoritas merupakan implementasi dari program prioritas Kementerian BUMN, khususnya yang terkait dengan program peningkatan investasi dengan mengoptimalkan nilai aset dan menciptakan ekosistem investasi yang sehat.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2