Penasihat PM Abe Masatsugu Asakawa Terpilih Jadi Presiden ADB

Rahmat Fiansyah ยท Senin, 02 Desember 2019 - 11:55 WIB
Penasihat PM Abe Masatsugu Asakawa Terpilih Jadi Presiden ADB

Masatsugu Asakawa akan mengisi posisi sebagai Presiden ADB pada 16 Januari 2020. (Foto: Bloomberg)

JAKARTA, iNews.id - Masatsugu Asakawa terpilih secara aklamasi menjadi Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB). Dia menjadi orang Jepang kesepuluh yang menduduki posisi puncak di lembaga keuangan internasional itu.

Asakawa yang berusia 61 tahun saat ini menjabat sebagai Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sekaligus Menteri Keuangan Taro Aso.

Sebagai Presiden ADB, dia akan menggantikan Takehiko Nakao yang meninggalkan posisi pada 16 Januari 2020. Dia akan menghabisi sisa masa jabatan Nakao yang habis pada 23 November 2021.

"Pengalaman Tuan Asakawa yang luas dan beragam di bidang keuangan internasional dan pembangunan akan mendukung visi ADB untuk mewujudkan Asia Pasifik yang sejahtera, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan," kata Ketua Dewan Gubernur ADB sekaligus Menteri Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan, Hong Nam Ki melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Selama empat dekade, Asakawa telah mengisi posisi penting di Kementerian Keuangan Jepang, termasuk wakil menteri untuk hubungan internasional. Selain birokrasi, dia juga memiliki pengalaman profesional di bidang kebijakan pembangunan, pasar mata uang, dan kebijakan pajak internasinal.

Asakawa meraih gelar sarjana dari Universitas Tokyo pada 1981 dan master dari Princeton University pada 1985. Dia pernah menjadi profesor tamu di Universitas Tokyo (2012-2015) dan Universitas Saitama (2006-2009).


Editor : Rahmat Fiansyah