Selain Racun Tikus, Warren Buffett Sebut Bitcoin Seperti Kerang

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 05 Mei 2019 - 15:30 WIB
Selain Racun Tikus, Warren Buffett Sebut Bitcoin Seperti Kerang

Warren Buffett. (Foto: CNBC)

NEBRASKA, iNews.id - Warren Buffett, orang terkaya nomor tiga di dunia kembali melontarkan kritikan tajam kepada bitcoin. Dia menyebut, mata uang kripto paling populer tersebut sebagai "perangkat judi" yang sama sekali tidak mereproduksi hal apapun yang nyata.

"(Bitcoin) tidak mereproduksi, tidak terkait dengan hidup Anda, dan sama sekali tidak berguna. Itu seperti kerang atau sejenisnya dan tentu saja itu bukan investasi bagi saya," kata Buffett kepada FOX Business, dikutip Minggu (5/5/2019).

BACA JUGA:

Miliarder Warren Buffett Sebut Bitcoin Cuma Delusi

10 Fakta Unik Bos Twitter, Makan Sekali Sehari hingga Fans Bitcoin

Pernyataan tersebut disampaikan Buffett dalam rapat umum pemegang saham tahunan Berskhire Hathaway di Omaha. Apa yang dikatakan Buffett sekaligus menegaskan posisinya yang tidak menyukai Bitcoin.

Harga bitcoin jatuh dari posisi tertingginya pada akhir tahun 2017. Saat itu, nilainya mencapai 20.000 dolar AS per 1 BTC. Kini, nilainya di kisaran 5.000 dolar AS meski perlahan mulai naik.

Buffett mengatakan, bitcoin digunakan sangat terbatas dan sering dikaitkan dengan aktivitas penipuan (fraud).

"Aku akan melepasnya dan menganggapnya sebagai koin kecil saja, dan saya akan menawarkannya kepada Anda seharga 1.000 dolar AS dan saya akan melihat apakah harganya bisa mencapai 2.000 dolar AS pada akhirnya," ucap Buffett.

Dia kemudian berkata," orang-orang tentu akan mendapatkan triliunan (dolar AS) dari sana secara alami. Namun banyak penipuan, ada kehilangan. Jadi banyak yang rugi di sana," kata dia.

Buffett dikenal sebagai orang yang kritis terhadap mata uang kripto. Pada tahun lalu, Buffett mengibaratkan bitcoin sebagai "racun tikus".


Editor : Rahmat Fiansyah