Tak Terpengaruh Sikap The Fed, Dolar AS Melaju Positif

Ranto Rajagukguk ยท Senin, 14 Januari 2019 - 10:15 WIB
Tak Terpengaruh Sikap The Fed, Dolar AS Melaju Positif

Ilustrasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

SINGAPURA, iNews.id - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap mayoritas mata uang pada Senin (14/1/2019) meski pelaku pasar tetap mencermati sikap Federal Reserve (The Fed) yang melonggarkan kebijakan moneternya tahun ini.

Mengutip Reuters, tahun lalu greenback telah mencatatkan penguatan 4,3 persen seiring langkah bank sentral AS yang menaikkan suku bunganya sebanyak empat kali. Namun, investor mengharapkan The Fed menghentikan kebijakan pengetatan moneternya.

Pelaku pasar berpikir bahwa kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik dan global serta inflasi AS yang rendah akan membuat para pejabat The Fed ragu-ragu untuk menaikkan biaya pinjaman di ekonomi terbesar dunia itu. Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali pekan lalu bahwa bank sentral AS memiliki kemampuan untuk menahan kebijakan moneternya, mengingat inflasi tetap stabil.

Data pada Jumat menunjukkan bahwa inflasi AS turun untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan pada bulan Desember.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama naik tipis di 95,68 perdagangan Asia. Dolar Australia dan dolar Selandia Baru tergelincir, masing-masing melemah 0,2 persen dan 0,1 persen.

Kedua mata uang telah menguat sekitar 1,5 persen terhadap dolar AS pekan lalu karena membaiknya hubungan AS-China untuk menegosiasikan kembali kebijakan dagang. Sementara itu, Dolar AS melemah 1,5 persen terhadap yuan pada pekan lalu.

Euro melemah sekitar 0,1 persen menjadi 1,1460 dolar AS. Mata uang tunggal itu merosot 0,3 persen pada Jumat pekan lalu setelah data menunjukkan bahwa Italia, ekonomi terbesar ketiga zona euro, berada dalam risiko resesi.

Pound Inggris menguat 0,15 persen menjadi 1,2861 dolar AS pada awal apa yang diharapkan menjadi minggu yang sangat fluktuatif. Perdana Menteri Theresa May harus memenangkan pemungutan suara di parlemen pada Selasa untuk mendapatkan persetujuan Brexit atau mengambil risiko keluar dengan kondisi yang kacau dari Uni Eropa. Dari sisi jumlah pendukung tampaknya tidak menguntungkan Mei dan peluangnya untuk memenangkan pemilihan terlihat sangat tipis.

Sementara itu dolar AS dibeli 108,40 yen, sedikit lebih kuat versus greenback.


Editor : Ranto Rajagukguk